31 Juli 2010

AKSES FACEBOOK DAN TWITTER LEWAT TWEETDECK

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan pengguna internet di dunia untuk akses Twitter dan Facebook adalah TweetDeck. Dimana dengan menggunakan aplikasi ini, kita tidak perlu browsing dan buka halaman Facebook maupun Twitter secara langsung. Dengan menggunakan TweetDeck, kita bisa langsung melihat update teman-teman kita di Facebook maupun Twitter. Tetapi bukan hanya itu, TweetDeck sendiri sudah mendukung beberapa layanan seperti Facebook, Twitter, Linkedin,ForSquare, GoogleBuzz dan MySpace. Kita cukup tambahkan akun yang kita miliki dan selanjutnya kita bisa setting halaman update agar kita tetap bisa melihat update dari teman-teman yang kita miliki lewat masing-masing layanan tadi. Bagi kalian yang ingin download dan mencobanya, coba download disini. Di situs penyedia TweetDeck tadi, anda juga disediakan link download buat Adobe Air juga. Tetapi saya mengalami kesulitan saat download langsung di situs tersebut. Jadi bagi anda yang memiliki kesulitan yang sama, silahkan download di sini. Cukup pastikan anda juga sudah download . Karena installer TweetDeck yang anda download nantinya punya format ZIP, dimana file ZIP ini bukannya diextrak dahulu melainkan langsung “Open With..”” dan pilih Adobe Air. Otomatis file akan berjalan layaknya sebuah installer namun lewat jendela aplikasi Adobe Air. Itulah alasan mengapa anda diharuskan meng-install Adobe Air terlebih dahulu. Berikut tampilan TweetDeck tadi:

TweetDeck

Dengan aplikasi TweetDeck, kita bisa lihat status update dari layanan Twitter dan Facebook serta beberapa layanan lainnya secara bersamaan. Tinggal kita setting pada pilihan akun dan memilih halaman atau tampilan yang kita inginkan. Namun kemampuan TweetDeck paling komplit sepertinya lebih condong ke Twitter, dimana kita bisa melihat update sebuah topik secara terus menerus atau melihat “publik time line” berdasarkan kata kunci yang kita tentukan di kolom search. Misal anda ketikkan #KeongRacun, maka anda akan melihat tweet (update) semua user Twitter yang berisikan tulisan #KeongRacun tadi. Atau anda ketikkan kata apa saja, maka anda akan terus menerus melihat update para tweeters yang tweetnya berisikan kata yang anda ketikkan. Anda cukup membuat kolom baru dan pilih kolom tersebut sesuai pilihan anda. Sebagai contoh anda ingin membuat kolom update dari Facebook, maka perhatikan rangkaian gambar berikut :

TweetDeck 

TweetDeck

Hanya saja, ada salah satu masalah yang belum jelas. Masalahnya adalah pada saat saya menggunakan TweetDeck, selalu muncul notifikasi adanya virus yang mencoba “keliaran” entah ini sebuah kekeliruan dari Avira atau memang ada aktivitas virus yang masuk ke komputer saya. Karena letak virus tadi ada di “C:\Document and Settings\Microsoft\Local Settings…Temporary Internet Files”. Untuk memastikan hal tadi, saya coba kirimkan sample virusnya ke pihak pengembang Avira untuk dipelajari. Namun saat saya buat artikel ini, saya belum menerima jawaban dari sana. Jadi, apapun yang anda gunakan dan anda lakukan, gunakan antivirus yang selalu terupdate dan kondisi “guard” selalu aktif. Bagaimanapun, komputer saya tetap aman sampai sekarang, walaupun selalu muncul notifikasi seperti tadi oleh antivirus Avira. Demikian sharing kali ini, semoga menambah wawasan anda, selamat mencoba!

1 comments:

Nizam Zahman mengatakan...

Wa'alaikum salam @Neng Novie, saya akan sempatkan berkunjung ke blog anda jika ada kesempatan.
Soalnya lagi sibuk bgt neh.Btw, makasih atas kunjungannya.

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks