10 Maret 2010

MENGATASI KONEKSI INTERNET YANG GAGAL

Bila anda mengalami kegagalan koneksi internet, padahal anda tidak merasa melakukan sesuatu perubahan pada setingan internet pada komputer anda, mungkin pengalaman saya ini bisa menjadi rujukan dan penyelesaian untuk masalah anda.
Saya pernah mengalami koneksi internet yang seperti terblokir, dimana ikon 2 komputer pada pojok kanan bawah (system tray) menunjukkan nyala sebentar kemudian dalam hitungan detik langsung padam. Dan anehnya, koneksi ke server seperti tetap tersambung namun ikon koneksi 2 komputer tadi menunjukkan bahwa server yang kita gunakan tidak bisa menyambungkan ke alamat (URL) yang kita tuju (ikon koneksi menyala sebelah saja). Untuk mengatasi hal tersebut, saya melaporkan masalah saya ke service provider yang saya gunakan, namun saya tidak tinggal diam. Lewat browser handphone, saya mencoba mencari jawaban seputar permasalahan saya. Hasilnya, saya menemukan jawaban di situs Microsoft tentang perubahan TCP/IP pada komputer yang dilakukan virus tertentu (maaf, saya tidak bisa memastikan nama virus tersebut). Untuk memastikan hal tersebut, pihak Microsoft menawarkan untuk melakukan perbaikan secara “online” dan manual. Berhubung saya tidak memiliki koneksi cadangan, berarti saya terpaksa melakukan cara “manual” tadi. Bagaimana caranya ? berikut tipsnya :

Pertama : Pastikan “command prompt” di komputer aktif. Untuk memastikan sudah aktif atau belum, klik “start”, klik “run” kemudian isikan perintah “cmd” (tanpa tanda petik) dan klik “OK”. Jika terbuka, berarti sudah aktif dan jika belum, ikuti langkah berikut untuk meng-aktifkannya. Klik ”start”, klik “run” lalu isikan pada kolom dengan “gpedit.msc” (tanpa tanda petik). Selanjutnya klik pada tanda”+” pada tulisan User Configuration, kemudian klik pada “+” pada tulisan Administrative Template dan klik pada tulisan “System”. Berikutnya cari tulisan “Prevent access to the command prompt”, klik 2x (double click) lalu tandai pada “disabled” dan klik “OK”. Selanjutnya tutup dan restart komputer anda.

Kedua : Setelah dipastikan perintah “command prompt” sudah aktif, maka kita ulang langkah tadi, yaitu klik “start”, klik “run” kemudian ketik pada kolom dengan “cmd” (tanpa tanda petik) dan klik “OK”, maka jendela “command prompt” pun terbuka. Ketikkan rangkaian perintah berikut untuk me-reset TCP/IP di komputer anda :

Untuk me-reset pada partisi dan folder tertentu, ketik seperti berikut :

netsh int ip reset c:\resetlog.txt lalu klik “Enter”.

Sedangkan tanpa menentukan folder yang spesifik (recommended) ketikkan seperti berikut :

netsh int ip reset resetlog.txt lalu klik "Enter".

Selanjutnya ketikkan "exit" (tanpa tanda petik) dan restart komputer anda.

Perlu diketahui, langkah ini dilakukan untuk komputer berbasis Windows XP. Jadi jika anda menggunakan selain Windows XP, saya tidak bisa memberikan jaminan keberhasilan cara tersebut. Namun saya siap membantu anda jika ada kesulitan. Gunakan halaman “Contact Us” untuk mengirimkan permasalahan anda ke email saya secara langsung. Selamat mencoba !

1 comments:

Nizam Z mengatakan...

Maaf untuk saudari Shinta, sepertinya ada kesalahan penulisan alamat email milik anda, sehingga saya gagal memberikan balasan. Jadi disini saya coba membantu sedikit, pastikan di laptop anda ada antivirus yg selalu di-update. Tanpa antivirus yg terupdate, kemungkinan besar anda akan mengalami kesulitan memastikan masalah laptop anda. Jika perlu, coba anda kirim ulang email anda dengan alamat email yang benar disertai info OS dan ISP yg anda gunakan, salam!

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks