30 April 2010

MEMBUAT META DESCRIPTION UNTUK SETIAP HALAMAN

Kalau pada awal kita mengenal blog, pasti kita mengenal meta description yang baku dimana meta deskripsi tersebut merupakan uraian blog. Jika kita tidak membuat atau menulis meta deskripsi secara khusus pada template kita, maka uraian blog di pengaturan dasar (pada dashboard blog) akan otomatis menjadi meta deskripsi blog kita. Sayangnya, meta deskripsi yang baku tersebut akan “mengganggu” performa blog kita. Sebab, meta deskripsi yang baku akan dianggap sebagai “duplicate content” karena akan selalu muncul pada hasil pencarian di setiap halaman blog yang terindex mesin pencari. Artinya, setiap halaman pada blog kita akan mempunyai deskripsi yang sama atau tidak memiliki uraian (deskripsi) yang unik untuk setiap halaman blog yang kita miliki. Disinilah letak masalahnya, setiap postingan seharusnya memiliki meta deskripsi masing-masing yang menjadi uraian singkat bagi setiap artikel. Kalau dua artikel dengan tema berbeda tetapi memiliki uraian (deskripsi) yang sama, pasti akan terlihat “aneh” atau tidak ada kesesuaian. Apalagi meta deskripsi sangat berguna atau membantu hasil pencarian dan memberikan uraian pada hasil pencarian yang tentunya akan meningkatkan klik tayang. Apalagi penyisipan kata kunci pada meta deskripsi menurut kebanyakan bloggerist, sangat membantu halaman blog kita mudah terindex mesin pencari. Baiklah, berikut akan saya jelaskan cara membuat meta deskripsi yang berbeda pada setiap halaman. Sebelumnya, akan saya tunjukkan penulisan meta deskripsi yang baku atau umumnya digunakan, berikut contohnya :

<head>
<title><data:blog.title/></title>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<meta name='description' content='tutorial blog : cara membuat blog, menghias blog, tips seo dan semua tentang blog'/>
<meta name='keywords' content='tutorial,membuat, seo, blog'/>

Pada contoh penulisan diatas, itulah meta deskripsi baku yang biasanya digunakan blogger pemula. Biasanya ditaruh dibawah kode ‘head’ bersama “title tag” maupun “meta keywords”. Sekarang akan saya tunjukkan cara menulis meta deskripsi yang berbeda untuk setiap postingan, berikut cara penulisannya :

<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://myblog.blogspot.com/&quot;'> <meta content='Tulis deskripsi disini' name='description'/> </b:if>

Cara penulisan diatas sudah terbukti berhasil mengatasi “duplicate meta description” (pada laporan Google Webmasters) dan salah satu halaman blog saya sudah ada yang ditemukan dengan meta deskripsi yang saya tulis dengan cara demikian dengan kata kunci “winwap for windows”, dimana hasil pencarian menunjukkan judul dan deskripsi yang sesuai. Pada URL yang warna merah, silahkan diganti dengan URL postingan milik anda sendiri dan tulis deskripsi yang sesuai dengan artikel pada halaman dengan URL tersebut. Jika anda ingin membuat meta deskripsi untuk setiap artikel, maka kode tersebut perlu ditulis sesuai dengan jumlah postingan yang anda kehendaki. Misal ingin membuat meta deskripsi untuk 10 halaman, maka tulis kode tersebut sebanyak 10 kali dan isikan URL masing-masing halaman pada kode-kode tambahan tadi. Jika ingin menambahkan “meta keywords” pada kode tersebut, cukup tambahkan di dalamnya, contohnya seperti berikut :

<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://myblog.blogspot.com/&quot;'> <meta content='Tulis deskripsi disini' name='description'/> <meta content='Tulis kata kunci disini' name='keywords'/> </b:if>

Hanya saja, penambahan kata kunci tersebut belum memberikan hasil yang jelas. Mungkin karena penggunaan kata kunci yang akurat juga diperlukan agar tampak hasilnya. Tetapi, penulisan atau penambahan kode seperti diatas bisa disimpan pada template blog. Artinya tidak terjadi error dan kemungkinan besar memang berfungsi dengan baik, terutama meta deskripsi. Sedangkan penambahan meta keywords, saya belum bisa memastikan keakuratannya. Saya sendiri masih menggunakan meta keywords standar yang biasa digunakan pada umumnya. Bagi anda yang ingin mengatasi atau menghilangkan “duplicate meta description”, sebaiknya tulis meta deskripsi seperti cara diatas. Setelah anda lakukan cara diatas, jangan lupa untuk menghapus “uraian” blog pada pengaturan dasar blog anda. Sedangkan untuk melihat hasilnya, anda harus bersabar karena nusti menunggu sampai pihak Google meng-update database hasil pencarian dan menata ulang. Yang pasti, laporan “duplicate meta description” blog anda pada Google Webmasters sedikit demi sedikit akan berkurang dan akhirnya hilang. Demikian tips kali ini, terima atas kunjungan anda!

14 comments:

FirstBlog mengatakan...

Yang berwarna merah URL blog kite atw URL artikel?

Berarti meta yg baku di ganti dengan yg ini? Maksudnya begitu?

Nizam Z mengatakan...

@FirstBlog : seperti yg saya tulis, harus diganti dg "url postingan" = url artikel.
Meta deskripsi yg umum (baku) dihapus saja dan ganti dg yg diatas, jadi tiap artikel punya 'deskripsi' sendiri (unik).

FirstBlog mengatakan...

hehehehe, lagi nengo di depan kmptr juga ya, oke deh kalo begitu, Thnx. Berarti jadi banyak dong kalo tiap artikel mah...

FirstBlog mengatakan...

Pa Nizam, anda membuat kesalahan pada penulisan html yang menyebabkan wel-form

ini yang anda tulis :

<b:if cond='data:blog.url == "http://myblog.blogspot.com/"'> <meta content='Tulis deskripsi disini' name='description'/> </b:if>

seharusnya :

<b:if cond='data:blog.url == "http://myblog.blogspot.com/"/'> <meta content='Tulis deskripsi disini' name='description'/> </b:if>

Terima kasih

Nizam Z mengatakan...

Weleh, makasih atas koreksinya, tapi yang bener adalah " (quot)memang seharusnya tertulis "quot", tetapi sudah saya perbaiki, check it out!

RAMDHAN mengatakan...

kunjungan pertama... ada cara yg lebih simpel gak mas, coz klo satu2 agak repot. thank..

Nizam Z mengatakan...

Kayaknya nggak ada, tetapi jika ingin tidak ribet, mending anda chek dulu, artikel mana yg memiliki peluang bisa ditemukan oleh search engine.
Misal, pake tool Keyword Density untuk melihat prosentase kata kunci paling tinggi, sehingga nanti cukup bikin meta deskripsi untuk 10 postingan saja.
Saya rasa, untuk menambah 10 meta deskripsi tsb tidak ribet. Tambahkan saja 1 kode meta deskripsi, kemudian salin dan copy sampai 10x, ntar tinggal edit url-nya dan kalimat deskripsinya.

suyonojogja.blogspot.com mengatakan...

Sebuah artikel yang mantab tolong dicek blog ku juragan kurang bagaimana gitu terimakasih

Nizam Z mengatakan...

Buat saudara @Suyono, nanti blognya akan saya kunjungi, tp nanti dini hari..he he he.
Harap maklum, koneksi pas2an, kalo sekarang pasti lemotnya minta ampun, pake hp smart soalnya.
Tapi coba tak lihat pake Opera Mini aja deh!

Nizam Z mengatakan...

@Suyono : buat sementara, template yg dipake sudah bagus, tetapi lekas lakukan edit pada templatenya. Misal Subscribe RSS Feed yg dobel lebih baik dikurangi atau pake 1 saja.
Gadget about me juga perlu diedit dg profil anda sendiri atau dihapus jika tidak diperlukan. Nanti saya akan kunjungi lagi pake kompi. Thx 4 visit!

Okayana mengatakan...

thx gan infonya

Susi Yi mengatakan...

selamat siang pak, saya tertaik sekali dgn info yg bapak sampaikan. yg mau saya tanyakan, jika kita punya postingan artikel baru, apakah setelah kita posting, langsung kita ganti meta descriptionnya ya?
begitu selanjutnya jika punya postingan baru kedua dan ketiga, apakah kita harus langsung mengedit meta description tsb?
terimakasih. mohon jawabannya ya pak.

blue mengatakan...

malam mas nizam... lam kenal ya... aq lagi tahap belajar ni... rada2 bingung hehe...

Nizam Z mengatakan...

@Susi Yi, memang perlu diedit,tetapi cukup tambahkan saja meta deskripsi untuk artikel yg sekiranya bisa dijagokan untuk bersaing di search engine saja.

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks