22 November 2011

TES BOOTABLE CD DENGAN VIRTUAL BOX

Untuk mencoba sebuah "bootable CD" tanpa perlu melakukan boot sebenarnya, maka bisa kita lakukan dengan aplikasi yang punya nama Virtual Box. Dengan Virtual Box, kita bisa melakukan tes bootable CD/DVD, seperti installer Windows, Live Android atau Rescue Disc (Antivirus lewat "booting"). Aplikasi tersebut bisa anda download di www.virtualbox.org. Saya sendiri sudah mencoba menjalankan "android" di laptop berbasis Windows 7 Pro dan melakukan test Rescue Disc Bootable untuk melihat hasil burning file "ISO" dari AVG, Dr.Web serta Kaspersky. Dengan Virtual Box tadi, kita bisa melakukan test dan menjalankan apa yang ada pada CD Bootable yang kita miliki. Jika anda belum pernah mencoba, saya ingin memberikan sedikit panduan dalam membuat "virtual drive" lewat Virtual Box. Sebagai langkah awal, saya asumsikan anda sudah download dan install Virtual Box pada komputer anda. Berikut adalah tampilan Virtual Box :





Kita bisa mulai dengan klik "New", pesan selamat datang akan ditampilkan, klik"Next". Kemudian isikan nama sesuai dengan keinginan anda. Sebagai contoh, saya ingin menjalankan salah satu bootable CD Rescue Disc, maka saya beri nama "Antivirus" atau ketika saya mencoba "Live CD Android" maka saya beri nama "android". Pada pilihan di bawahnya, anda pilih OS yang anda gunakan di komputer anda. Jadi, jika pada komputer anda menggunakan OS "Windows 7", maka anda bisa pilih "Windows" kemudian dibawahnya pilih Windows 7, klik "Next". Selanjutnya menentukan kapasitas memori "RAM", defaultnya adalah 512mb, klik saja "next". Buat hardisk virtual dengan pilih "Create New.." dan klik "next". Berikutnya pilih VDI (Virtual Disc Image) > Next > Pilih "Allocated size" > Next. Pada jendela berikutnya, menentukan ukuran "virtual hardisk". Secara default, biasanya ditampilkan 20GB. Jika anda ingin melakukan tes untuk DVD installer Windows, sebaiknya biarkan 20 GB. Berhubung saya melakukan tes untuk Rescue Disk yang berukuran kecil, maka saya cukup mengalokasikan 2GB saja > next. Selanjutnya akan ditampilkan "summary" atau "Risalah" (jika anda set bahasa Indonesia), klik "Create" maka mesin virtual siap dijalankan. Sebelum mulai menjalankan, mungkin sebaiknya anda pasang 2 mouse pad sekaligus. Untuk menambahkan mouse pada mesin virtual yang anda buat, anda bisa klik "setting" dan cari menu "USB". Pastikan anda tahu letak port masing-masing USB. Menggunakan 2 mouse sekaligus akan lebih memudahkan anda menjalankan program yang anda jalankan pada mesin virtual tadi. Tetapi pada kasus ini, saya mencoba menjalankan Rescue Disk "Dr.Web", AVG dan Kasperky. Jadi saya hanya perlu menggunakan keyboard saja untuk menjalankannya sesuai perintah yang muncul di layar mesin virtual. Untuk memulainya, saya masukkan keping CD berisi bootable antivirus dan klik "Start" dan proses "booting" pun berjalan. Berikut adalah gambar-gambar proses mulai dari langkah membuat "virtual disk" hingga proses "booting" yang berjalan.





Di bawah ini adalah tampilan pada langkah memilih drive untuk memilih lokasi "CD Bootable" :



Berikutnya CD Bootable siap dijalankan dan inilah proses booting dari Dr.Web "Rescue Disc" :



4 comments:

Ade Malsasa Akbar mengatakan...

Saya titip lapak ya, Mas? Saya bukan pengguna Windows tapi niat bicara Windows seperti dulu.

http://bukanpenggunawindows.blogspot.com/

Itu blog saya yang bicara mengenai belajar komputer untuk orang awam (berseri), membasmi virus tanpa antivirus (berseri), dan mengembalikan data yang terhapus. Blog saya juga bicara mengenai aplikasi gratisan seperti Kingsoft Office (calon pengganti Microsoft Office). Semoga bermanfaat.

Irhan Dalmasca mengatakan...

Thanks Dah Share

Aprina damayanti mengatakan...

Gan, gimana ya cara agar sukses dalam memburning ke cd/dvd install, soal nya ane sudah 4 kali burning pakai aplikasi nero, dan gagal tidak bisa di booting pada saat komputer di nyalakan, walaupun sudah setting bios nya untuk dvd periorty, dan walaupun sudah memakai file iso yang berbeda, tolong pencerahan nya .

Nizam Z mengatakan...

Untuk saudari Aprina : Mohon maaf, yang anda burning itu file apa? installer windows? kalau installer windows, ada 2 jenis, windows starter dan wimdows upgrade. Mungkin ada masalah pada waktu burning, bisa setingan burning atau mesin dvd yang error. Mesin dvd biasanya sering bermasalah jika lama tidak digunakan. Sebaiknya anda jelaskan lebih detail lewat "Contact Form", saya akan coba membantu anda sebisa mungkin.

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks