10 April 2010

MEMBUAT LINK DI PDF

Untuk membuat link di dokumen “pdf”, maka kita perlu mempunyai software atau aplikasi untuk mencetak dokumen “pdf” seperti Adobe PDF Reader atau Foxit PDF Reader. Kebetulan yang saya gunakan adalah Foxit PDF Reader. Dalam pembuatan konsep pdf biasanya menggunakan Microsoft Word. Pada waktu menulis konsep tersebut, saya mengira jika kita menulis URL lengkap, maka akan otomatis akan menjadi sebuah link, ternyata keliru. Lalu bagaimana caranya menyisipkan sebuah URL pada satu kata atau membuat sebuah link di dokumen pdf? berikut caranya.
Pada tuntunan kali ini saya menggunakan Foxit PDF Reader, jadi jika ada pengalaman yang berbeda, misal pakai Adobe Acrobat PDF Reader, saya belum bisa memastikan. Pertama, kita buat konsepnya dahulu menggunakan Microsoft Word pada komputer kita (yah, saya pake Windows XP Professional). Setelah kita tulis semua konsep secara lengkap kita bisa cetak langsung menjadi file pdf dengan klik ikon “mesin printer” pada toolbar di MS Word. Sebagai contoh atau keterangan, lihat pada gambar :

Toolbar Microsoft Word


Pada gambar diatas anda bisa lihat contoh ikonnya dimana jika kita punya Foxit PDF Reader yang terinstal di komputer kita, maka ikon tersebut akan menjadi shortcut untuk mencetak dokumen Microsoft Word menjadi dokumen “pdf”. Sebagai bahan perbandingan atau pilihan tampilan link, sebaiknya anda tulis sebuah URL lengkap, misal http://taman-merdeka.blogspot.com dan anda tentukan satu kata yang hendak dijadikan link atau yang hendak disisipkan sebuah link misal HOME atau TAMAN-MERDEKA (ini contoh title blog saya). Untuk kata seperti HOME atau URL tadi tidak perlu kita buat sebagai link dulu atau menyisipkan “hyperlink”, cukup kita rubah warnanya agar sesuai menjadi sebuah link (misal dicetak “tebal” dan warna font “biru”). Setelah kita cetak sebagai dokumen pdf, barulah kita edit menggunakan Foxit PDF Reader. Biasanya setelah kita cetak dan jadi, otomatis dokumen tersebut akan terbuka pada jendela aplikasi Foxit PDF Reader dan siap kita edit. Jika tidak berjalan seperti itu, sebaiknya buka secara manual (pastinya anda tahu dimana letak dokumen pdf yang telah anda buat tadi). Sekarang saatnya membuat link di dalam dokumen pdf tadi.
Pada jendela Foxit PDF Reader, klik menu “View” dan arahkan kursor pada tulisan “Toolbar” lalu beri tanda centang pada “Advance Editing Tools” (cukup klik kiri 1 x pada tulisan tersebut (lihat gambar) :

Toolbar Foxit PDF Reader


Toolbar Foxit2


Jika sudah anda beri centang, anda pasti akan melihat toolbar seperti gambar berikut :

Toolbar insert link


Seperti pada contoh gambar diatas, anda bisa memulai menyisipkan link dengan meng-klik ikon “rantai” pada toolbar Foxit PDF Reader. Selanjutnya, klik+tahan pada kata yang ingin kita sisipkan link lalu geser sehingga kata tadi ditandai dengan “kotak” yang kita buat (lihat gambar).

Penyisipan link


Setelah tulisan yang kita pilih sudah ditandai dengan kotak yang kita buat tadi, maka akan ditampilkan jendela untuk menyisipkan link seperti contoh berikut :

Proses membuat link di pdf


Proses membuat link di pdf


Pada keterangan gambar diatas, pada “Thickness” kita jadikan “0” lalu Border Style pilih solid, Highlight pilih “Invert”, Color biarkan saja (tidak ada pengaruh) dan yang penting adalah kita tandai pada tulisan “Open a web page” lalu klik “Next”. Otomatis muncul jendela isian untuk menuliskan URL yang kita kehendaki. Setelah kita isikan URL, tinggal klik “OK” dan jadi deh! Coba anda arahkan kursor pada kata yang anda sisipi link tadi, pasti kursor yang berupa “tangan terbuka” berubah menjadi “tangan penunjuk” yang artinya kata tadi sudah menjadi link. Jika anda dalam kondisi online, mungkin bisa anda coba langsung klik agar lebih yakin bahwa anda telah berhasil. Yang penting adalah anda tidak keliru nulis URL-nya. Metode tersebut juga bisa kita terapkan pada sebuah gambar yang kita sisipkan di dokumen pdf yang kita buat. Semoga panduan ini mudah dimengerti dan dipahami, mengingat saya mendapatkan data pengunjung blog yang mencari info seputar cara menambah link pada dokumen pdf. Jika ada pengalaman berbeda atau ada yang kurang bisa dipahami, silahkan tulis komentar atau kirim “feedback” lewat halaman “Contact”. Selamat mencoba!

Note : sebagai contoh, anda bisa download file pdf yang saya buat pada halaman DOWNLOAD PDF dengan judul yang sama dengan artikel diatas.

4 comments:

Amar mengatakan...

bahas kalau pakai Adobe Reader PDF

Nizam Z mengatakan...

Nah, itu yg belum dicoba. Dulu pernah punya, berhubung udah di-uninstall jadi belum sempet coba.
Tapi saya masih punya installer, jadi ntar saya coba. Terima kasih atas kunjungannya!

sadewo mengatakan...

Kalo kita mau buat link ke halaman berikutnya gimana, misal gini di halaman depan kita buat judulnya aja misal kalo kita klik pembahasan maka akan langsung menuju kehalaman selanjutnya yang berjudul pembahasan. mohon pencerahan....

faisal abda'u mengatakan...

Mantap bro.
Siap dicoba :)

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks