07 Juli 2010

MEMBUAT DAFTAR ISI

Berhubung masih ada yang tanya, “bagaimana cara membuat daftar isi seperti di blog ini?”, maka saya putuskan tulis caranya disini. Sebenarnya cara membuat daftar isi sebenarnya sudah bisa dilihat pada artikel dengan judul “MEMBUAT NAVIGASI BLOG”. Tetapi pada artikel berikut, saya akan coba jelaskan lebih spesifik agar mudah dipahami semua kalangan, terutama blogger pemula. Langsung saja pada langkah-langkahnya.

Pertama, pergi ke dashboard blog lalu klik kanan pada “Edit Entri” dan pilih “Buka pada tab baru”. Lalu perhatikan tab disamping kanan “Edit Entri”, yaitu “Edit Laman”. Klik kanan pada “Edit Laman” dan buka juga pada tab baru di browser yang anda gunakan. Tampilkan kembali atau buka kembali halaman Edit Entri, tampilkan postingan sebanyak mungkin dengan mengatur setingan pada “Entri Per Halaman”. Saya sarankan tampilkan 25 postingan sehingga nanti kita bisa mulai tambahkan atau copy masing-masing URL postingan satu persatu untuk membuat halaman daftar isi.

Jika sudah tampil 25 postingan pada halaman Edit Entri, kembali lagi ke Edit Laman dan klik “Laman Baru”. Setelah klik “Buat Laman Baru”, akan ditampilkan kolom postingan seperti ketika anda membuat postingan baru dengan tampilan yang sama persis. Untuk memulai membuat daftar isi, kita perlu pisahkan artikel sesuai dengan kategori. Pada kolom postingan, ketik Kategori “A” (A anda ganti dengan kategori pada artikel anda, misal “Internet”). Contohnya seperti berikut :

Kategori : Internet

Pada tulisan “internet”, klik dan tahan atau blok tulisan tersebut untuk menyisipkan link. Format link kategori adalah seperti berikut :
<a href="http://namablog.blogspot.com/search/label/Internet">Internet</a>
Lalu dibawahnya, anda mulai ketik judul artikel milik anda yang sesuai dengan kategori yang anda tuliskan dengan format yang diurut dari atas kebawah mulai dari artikel paling lama hingga yang terbaru tetapi pada satu kategori. Contoh :

Kategori : Internet
Judul A
Judul B
Judul C

Jika semua judul sudah ditulis, buka kembali halaman Edit Entri lalu copy URL artikel sesuai Judul A. Cara copy-nya, klik kanan pada tulisan “Lihat” dan pilih “Salin Tautan”. Buka kembali pada halaman Edit Laman, blok pada Judul A lalu klik tulisan “Link” pada toolbar postingan. Pada jendela munculan, pastekan atau salin URL hasil copy tadi dan klik “OK”. Lakukan pada judul yang lain dengan cara yang sama. Terus terang cara seperti ini agak melelahkan, tetapi jika anda lakukan dengan telaten, setidaknya memudahkan pembaca menemukan setiap artikel pada blog anda.
Setelah semua kategori dan artikel telah selesai diketik dan disisipi URL masing-masing artikel, klik pada “Pratinjau” untuk melihat hasilnya. Setelah yakin sudah benar, klik pada “Tayangkan Laman”, nanti ada 3 pilihan penayangan. Jika ingin tampil otomatis, gunakan gadget “Laman”. Jika ingin tampil seperti pada blog saya, pilih “Tautkan Secara Manual”. Jika anda menggunakan gadget “Laman”, nanti muncul jendela gadget untuk melakukan setingan, cukup klik “Simpan” dan klik pada “Lihat Blog” untuk melihat hasilnya. Jika anda memilih secara manual, baca artikel "Membuat Navigasi Blog" dan copy kodenya. Yang perlu dicatat adalah, setiap halaman yang anda buat, mempunyai URL dengan format seperti contoh berikut :

http://namablog.blogspot.com/p/daftar-isi.html

Tulisan daftar isi bisa diganti tergantung judul halaman yang anda buat. Jumlah halaman yang bisa dibuat maksimal 10 halaman.

Jika ingin membuat daftar isi dengan cara yang lebih simple tanpa membuat halaman, maka kita bisa langsung membuat menu horizontal lewat "Edit HTML" berdasarkan kategori. Caranya, buka dashboard blog anda lalu klik "Edit Entri" dan buka "Rancangan" pada tab baru lalu klik "Edit HTML". Cari kode berikut :

<div id='header-wrapper'>
<b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'>
<b:widget id='Header1' locked='true' title='JUDUL BLOG ANDA (Header)' type='Header'/>
</b:section>
</div>

Jika sudah ketemu, copy dan pastekan kode berikut tepat di bawahnya :


<ul id='nav'>
<li><a href='http://nama-blog-anda.blogspot.com/'>HOME</a></li>
<li><a href='http://nama-blog-anda.blogspot.com/search/label/kategori 1'>KATEGORI 1</a></li>
<li><a href='http://nama-blog-anda.blogspot.com/search/label/kategori 2'>KATEGORI 2</a></li>
<li><a href='http://nama-blog-anda.blogspot.com/search/label/kategori 3'>KATEGORI 4</a></li>
<li><a href='http://nama-blog-anda.blogspot.com/search/label/kategori 4'>KATEGORI 4</a></li>
</ul>

Setiap kata kategori 1, kategori 2, kategori 3, bisa anda ganti dengan label postingan anda yang anda jadikan kategori. Dengan cara diatas, anda tidak perlu repot seperti cara yang pertama. Setiap link kategori yang di klik pengunjung, akan menampilkan postingan pada label yang sama. Demikian tips membuat daftar isi, semoga muda dipahami dan selamat mencoba!

7 comments:

Yudi mengatakan...

Oo, ternyata bikinnya manual ya gan. dulu sy kira ada sistem yg mengaturnya secara otomatis..

Nizam Z mengatakan...

@Yudi : Begitulah, yg otomatis, pake aja model kategory, ntar ditampilkan setiap posting dibawah label yg sama (label induk).

Mohammad Dawoed mengatakan...

okelah kalo begitu, trims inponya.. salam dan sukses dari Malang

Nizam Z mengatakan...

Terima kasih atas kunjungannya buat Pak Mohammad Dawoed

Kumpulan Bisnis Online Indonesia mengatakan...

Salam kenal Mas Nizam,
Saya nemuin blog mas nizam setelah dibantuin oleh mbah googele.... ternyata artikernya bagus-bagus banget ya....
Tapi saya masih bingung nih...:( maklum baru bikin blog...
Supaya ketika pertama kali ngakses blog yang tampil itu adalah Home bukanya beranda Gimana Ya...

Ma Kasih Mas.....

Nizam Z mengatakan...

Beranda itu sama saja dg home,jadi sebenarnya hal itu bukanlah masalah.

Adhit H. P. mengatakan...

Terima kasih tutorialnya, membantu sekali.

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks