09 April 2010

MENGHINDARI DUPLICATE CONTENT

Duplicate content atau isi blog yang dianggap sama bisa menjadi masalah serius jika tidak segera dibenahi. Hal ini termasuk juga “duplicate title” atau “duplicate meta description”. Jika robot pencari milik Google menemukan hal seperti itu maka kemungkinan akan mempengaruhi pagerank blog kita dan memberikan search result yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi hal tersebut, kita perlu merubah beberapa kode pada template blog kita sehingga tidak terjadi “duplicate content”. Untuk melihat apakah blog kita memiliki duplicate content, silahkan check di Google Webmasters (dengan catatan blog anda sudah terdaftar disana). Klik pada nama blog anda lalu
klik pada “Diagnostics” dan pilih “HTML Suggestions”. Jika anda memakai template standart atau template yang belum diutak-atik pastinya tercantum “duplicate title” dan “duplicate meta description”. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kita lakukan “tweaking” atau merubah beberapa kode html pada template kita, terutama “title”. Tips ini sudah pernah saya tulis pada artikel dengan judul “SEO ONPAGE”, tetapi pada kali ini ingin bahas lebih detail agar memudahkan anda memperbaiki kesalahan duplicate content.

Pertama, anda cari kode berikut :

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>

Ganti kode yang saya tulis dengan warna merah dengan kode berikut ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>

Penggunaan atau penggantian kode tersebut akan berpengaruh pada hasil pencarian blog kita yang ditampilkan search engine. Sebagai contoh, sebelum dirubah hasilnya akan selalu menampilkan hasil yang tampak sama walaupun dengan kata kunci yang berbeda dimana hasil pencarian selalu menampilkan judul blog tanpa menampilkan judul artikelnya, sehingga terjadi duplicate title :

JUDUL BLOG
Contoh isi artikel atau kutipan postingan
blog..bla..bla..bla…
nama-blog.blogspot.com/../04/judul-postingan.html

Setelah dirubah, hasil pencarian akan ditampilkan seperti contoh berikut :

JUDUL ARTIKEL | JUDUL BLOG
Contoh isi artikel atau kutipan postingan
blog..bla..bla..bla…
nama-blog.blogspot.com/../04/judul-postingan.html

Dengan hasil pencarian diatas bisa dipastikan tidak akan terjadi “duplicate title”. Sedang untuk menghindari “duplicate meta description” sebaiknya kita tidak menggunakan meta description standart yang bisa ditulis seperti berikut :

<meta name='description' content='deskripsi blog anda'/>

Walaupun Google Webmasters menyarankan penggunaan meta description tetapi menurut saya tidak perlu ditulis seperti itu. Apalagi hal tersebut tidak berpengaruh terhadap cara robot spider membaca isi blog tetapi hanya berpengaruh terhadap minat pengguna untuk meng-klik nama blog kita pada hasil pencarian. Justru bagi saya pribadi, kutipan isi artikel yang ditampilkan pada hasil pencarian sudah bisa menarik minat pengguna internet untuk mengunjungi blog kita. Untuk mengatasi “duplicate meta description” tadi sebaiknya anda hapus “uraian blog” pada pengaturan di dashboard blog karena uraian tersebut merupakan “description” default jika anda tidak menuliskan “meta description”. Dan untuk menulis meta description dengan cara yang berbeda, mungkin perlu dicoba ditulis seperti berikut :

<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://myblog.blogspot.com/&quot;'> <meta content='DESCRIPTION' name='description'/> </b:if>

Taruh kode diatas dibawah kode title tag yang sudah dirubah tadi (seperti contoh paling atas). Pada tulisan yang berwarna merah ganti dengan url postingan anda dan tulisan description (yang warna merah) anda ganti dengan uraian singkat tentang isi artikel anda). Lakukan hal tersebut untuk postingan yang lain, jadi ini artinya kita membuat deskripsi yang berbeda tergantung isi postingan. Apakah harus membuat untuk semua isi postingan? Jawabnya “Tidak”. Cukup lakukan untuk postingan anda yang menurut anda patut diandalkan untuk bersaing dengan blog lain, misal untuk 10 postingan terbaru atau 10 postingan yang paling diminati pembaca. Tetapi untuk kode yang terakhir saya sebutkan itu, saya belum bisa memberi kepastian hasilnya. Karena saya belum melihat hasil yang pasti dari penggunaan kode tersebut. Hasil yang pasti sudah saya dapatkan adalah penggantian kode “title tag” dimana laporan “duplicate title” berkurang dan akhirnya hilang. Hanya saja untuk melihat kepastian hasilnya, kita harus bersabar sampai pihak Google meng-update database dan menyusun kembali hasil pencarian. Demikian tips kali ini, semoga membantu kesulitan anda dalam mengolah blog.

4 comments:

Wido Aji Wibowo mengatakan...

trims ifonya

Nizam Z mengatakan...

@Wido Aji Wibowo : sama2 pak guru! :D

Ganool.com mengatakan...

mangstab,bagus buat hasil pencarian di google

salam kenal
Download Film Gratis

farhan.adriene mengatakan...

makasih infonya...

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks