17 September 2009

TEKNIK SEO

Saya sebenarnya sedikit minder berbicara tentang tenik SEO (Search Engine Optimization) mengingat saya sendiri masih merasa susah untuk meningkatkan traffic blog saya,tetapi sesuai moto saya “belajar dan berbagi” saya tak perlu berkecil hati untuk berbagi pengalaman yang saya alami.
Teknik SEO memiliki banyak cara dan tiap webmasters pasti memiliki teknik tersendiri disamping teknik² yang umum digunakan.Disini saya akan berbagi pengalaman teknik SEO yang umum saja yang saya pelajari selama blogwalking dan browsing kesana-kemari.Berikut cara² yang saya gunakan dan banyak dilakukan oleh para bloggers yang lain :



1. Design blog yang dinamis
2. Membuat backlink
3. Memasang meta tag yang baik & benar
4. Promosi blog

Untuk melihat hasil penerapan SEO,sebaiknya anda daftar di Google Analytics.Disana anda bisa melihat laporan tentang traffic blog anda,misal : jumlah pengunjung perhari,bagaimana pengunjung menemukan blog anda,dengan kata kunci apa pengunjung menemukan blog anda dll.Baiklah,saya akan mulai bahas satu persatu 4 cara tersebut.

1.Design blog yang dinamis
Apa maksudnya? Dalam men-desain blog,anda harus memperhatikan templates yang anda gunakan.Anda juga harus perhatikan content atau isi artikel anda.Untuk template,banyak para webmaster senior menganjurkan template ini dan itu.Istilahnya template yang dipakai harus SEO Friendly.Hal ini tentu berpengaruh pada “robots” mesin pencari walaupun tidak mutlak dan yang paling penting adalah waktu muat halaman (loading) ringan.Tentu pembaca manapun akan merasa jengkel atau malas melanjutkan membaca blog kalau loading halaman blog terlalu lama dan berat,bahkan akan bikin lemot komputer.Apalagi bagi pembaca yang memiliki koneksi pas²an dan spek komputer yang pas²an pula. Jadi gunakan template yang benar² akrab untuk browser apa saja dan untuk pembaca manapun. Untuk content,adakalanya blogger menyematkan foto dengan pixel yang terlalu besar dan bahkan tidak hanya satu melainkan sampai beberapa foto yang tentu saja bikin loading-nya makin parah.Jadi sebaiknya anda menambahkan foto yang sudah dikompresi sedemikian rupa dan jangan berlebihan.Hal ini pernah saya alami waktu berkunjung ke blog Arif_Nur,jadi sampai² untuk scroll halaman saja komputer saya sampai ter-sendat².Padahal saya ingin sekali menyempatkan untuk membaca dan menuliskan pesan,tetapi terpaksa saya cabut karena ketidak nyamanan tadi.

2.Membuat backlink
Membuat backlink akan membuat popularitas blog anda naik di mata “search engine”.Semakin banyak backlink yang anda buat akan membuat populer blog anda dan pada akhirnya pagerank akan semakin bagus.Cara membuat backlink yang umum adalah membuat komentar di blog lain dengan meninggalkan URL blog anda pada blog yang anda kunjungi.Tetapi usahakan topik blog yang anda kunjungi memiliki topik yang sama dengan blog anda,sehingga ada keselarasan dan keterkaitan.Membuat backlink juga bisa dilakukan dengan tukar link dengan blog lain dan banyak yang menawarkan cara ini.Pada laporan tentang blog saya di Google Analytics telah membuktikan bahwa komentar dan URL yang saya tinggalkan di blog yang saya kunjungi memberikan kontribusi kunjungan.Contoh : di blog Pak Hardhono,saya menuliskan “HOREEE…aku berhasil membuat readmore” mungkin kalimat tersebut bikin penasaran para pengunjung lain yang merasa gagal menambah fitur “readmore” pada blognya atau mungkin sang pemilik blog yang ingin melakukan kunjungan untuk melihat “keberhasilan” saya membuat readmore.Jadi,rajin²lah blogwalking dan tinggalkan pesan di blog yang anda kunjungi dengan “Open ID”.Tuliskan komentar anda dengan menarik,sopan dan sewajarnya.

3.Memasang meta tag yang baik & benar
Hmm….ini yang susah dijelaskan.Saya hanya bisa memberikan sedikit saran untuk urusan ini.Tambahkan meta deskripsi yang singkat tetapi benar² mewakili artikel blog anda yang tentunya membuat pengunjung tertarik.Karena meta deskripsi selalu ditampilkan pada hasil pencarian di bawah tittle blog yang berwarna biru,jadi ada baiknya anda tambahkan sedikit keterangan pada “tittle tag”.Mungkin anda perlu download artikel terkait dalam bentuk pdf di Google Webmaster.Untuk kata kunci,gunakan meta tag keyword yang seperlunya saja.Berdasarkan anjuran webmasters,sebaiknya keyword yang digunakan cukup 25 keyword,ada yang menyarankan 20 keyword saja.Jadi gunakan keyword yang sering digunakan pada blog anda.Untuk melakukan hal tersebut,anda bisa menggunakan Tools “Keyword Density”.Dengan alat ini,anda bisa mendapatkan keyword/kata yang paling sering muncul di halaman blog anda.Anda tak perlu memikirkan bagaimana menentukan kata kunci untuk 20 postingan atau lebih,cukup wakilkan kata kunci yang membuat salah satu halaman pada blog anda muncul di 10 besar pencarian atau halaman pertama hasil pencarian search engine.Satu halaman dengan pagerank 5 misalnya,tentu sudah mewakili artikel² anda yang lain.Memang kita semua berharap halaman² kita selalu masuk 10 besar.Yang penting jangan memasang meta tag yang melanggar aturan SEO,misal kata kunci dalam jumlah besar,pengulangan kata kunci yang sama lebih dari 3x,kata kunci yang tidak relevan atau tidak sesuai dengan isi blog dlsb.Webmasters juga mengingatkan agar jangan menggunakan link² tersembunyi atau kata kunci tersembunyi.

4.Promosi blog
Ini juga merupakan teknik SEO yang manjur.Terbukti blog saya juga dikunjungi lewat,istilahnya “referral” pada Google Analytics.Dimana, saya perkenalkan blog saya di komunitas Yahoo!Answer.Bagi anda yang memiliki akun Yahoo,tidak ada salahnya mencoba promosi di sana.Misal,anda menemukan pertanyaan “bagaimana cara bikin blog?”,maka kalau anda punya blog yang membahas tentang bikin blog,anda bisa memberikan jawaban yang singkat,jitu dan jelas serta anda tuliskan URL blog anda sebagai referensinya.Kalau anda pernah mengunjungi Yahoo!Answer,anda pasti tahu bahwa di Yahoo!Answer selalu muncul pertanyaan baru dengan bermacam kategori yang berbeda,anda tinggal pilih kategori yang anda kuasai.Pertanyaan yang ada di Yahoo!Answer juga bisa menjadi survey yang bagus untuk perkembangan blog anda.Promosi yang lain juga bisa lewat Yahoo!Groups,misal group yang saya ikuti adalah grup blogger Indonesia.Lewat group tersebut anda bisa promosi blog anda dan kalau anda ahli dalam jurnalistik,mungkin anda tertarik untuk ikutan kontes artikel yang nantinya selalu diberitahukan oleh admin group.Promosi blog bisa juga lewat ajang iklan gratis,tetapi cara ini menurut saya kurang pantas kecuali blog atau website yang menawarkan produk.Dan efektivitas tergantung ajang iklan mana yang anda ikuti.Promosi yang lain bisa dilakukan dengan cara men-submit artikel ke digg.com.Terus terang cara ini memang efektif,hanya saja akan lebih efektif jika blog anda menggunakan konten berbahasa inggris karena digg.com termasuk komunitas international.Tetapi untuk submit artikel disana,anda harus terdaftar atau mempunyai akun disana.Setelah anda terdaftar,anda bisa submit dengan mengisi URL artikel anda disana.Kalau anda pengguna browser Firefox,anda bisa submit menggunakan plugin firefox.Dan masih banyak lagi cara promosi yang lain.

Kesimpulan terakhir,jika blog anda memiliki tampilan yang bagus dan konten yang berbobot,sudah pasti pembaca manapun akan menyimpan alamat anda sebagai bookmark.Bahkan kalau saking bagus-nya artikel anda,promosi dari mulut ke mulut pun bisa terjadi.Terima kasih jika anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini hingga selesai.

4 comments:

Anonim mengatakan...

mas mau tanya lagi nih, boleh ngak
cara ngatur meta tag itu gimana ????
habis tu kalo tukar ling itu maksudnya apa mas????
apkah blog tmen kita kita masukkan ke blogroll yang ada pada halaman blog kita..???

mohon penjelasannya maklum masih pemula

Nizam Zahman mengatakan...

Sebaiknya anda pasang meta tag standart,kalau anda sabar,sebentar lagi saya akan buat artikel terkait.Soal tukar link,anda tuliskan komentar anda dan buatlah ajakan untuk tukar link,kalau anda masukkan ke bloggroll,itu berarti link searah menuju blog yang anda tambahkan,sedang URL Blog anda belum tentu ada kalau anda tidak minta tukeran.Blogroll hanya menunjukkan bahwa anda pengikut/pengunjung setia pada blog yang anda tambahkan,terima kasih!

Nizam Zahman mengatakan...

Sedikit tambahan @mekatronika-tutorial ,dengan anda berkomentar disini,anda sudah membuat backlink yang kelak berguna mengangkat popularitas blog anda.Selamat!

Jaka Zulham mengatakan...

mau nanya, cara membuat daftar isi gimana yaa?

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks