19 Maret 2010

GOOGLE ANALYTICS

Sebagian besar webmaster pasti tahu apa itu Google Analytics. Tetapi bagi para pemula atau yang baru saja bikin blog, mungkin perlu mengetahuinya jika ingin info detail tentang traffic blog. Karena Google Analytics menghimpun data traffic sebuah blog atau website dengan sangat terperinci. Mulai dari jumlah pengunjung per hari, per minggu dan per bulan. Tersedia juga data lain yang lebih komplit seperti kata kunci yang digunakan pengguna internet untuk menemukan blog kita, prosentase pengunjung, negara asal pengunjung, kota asal pengunjung, sumber kunjungan dll. Melalui data yang kita peroleh di Google Analytics, setidaknya kita bisa mengetahui
trend pengunjung. Kita bisa lihat waktu rata-rata pengunjung yang singgah di blog kita, jika hanya sebentar dan tingkat “bouncing” (pentalan) terlalu tinggi, maka bisa dipastikan pengunjung blog kita tidak menemukan jawaban yang dicarinya pada blog kita. Sehingga nantinya kita bisa memperbaiki isi blog atau menulis sesuai dengan apa yang dicari pengunjung sesuai dengan kata kunci yang digunakan pengunjung tadi.
Untuk daftar di Google Analytics, yang kita perlukan adalah sebuah akun Google (Gmail). Jika kita sudah memilikinya, kita tinggal login menggunakan akun Gmail yang kita miliki. Selanjutnya kita mengisikan URL blog yang ingin kita daftarkan dan kita akan diberikan “javascript” yang perlu dipasang pada template blog kita agar pihak Google Analytics bisa membaca data pengunjung. Pemasangan javascriptnya cukup mudah, yaitu diletakkan pada bagian paling bawah dari template yang kita gunakan dan tepat diatas kode </body> . Jika kita sudah mengcopy-paste kode javascript yang diberikan ke dalam template kita, paling tidak keesokan harinya kita sudah bisa memperoleh data pengunjung disana situs Google Analytics tadi.
Berikut beberapa tampilan tentang grafik prosentase pengunjung dan tampilan lainnya.

IKHTISAR PENGUNJUNG
Lewat menu “Ikhtisar pengunjung” kita bisa melihat data pengunjung per jam, per hari, per minggu dan per bulan. Dan kita bisa melihat data per hari melalui penempatan kursor mouse pada grafik yang ditampilkan. Berikut contoh gambarnya :

Google Analytics

Google Analytics

Tampilan peta

Jumlah pengunjung

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, kita cukup meletakkan kursor mouse pada garis-garis dan titik di grafik tersebut maka akan muncul info pada titik tersebut (lihat pada gambar yang diberi kolom merah). Untuk lebih detailnya, coba klik tulisan “Pengunjung” pada kolom di sebelah kiri. Disitu akan ditampilkan jumlah total kunjungan, jumlah pengunjung yang unik dll. Untuk melihat data pengunjung per jam, per hari atau perminggu, bisa dilihat lewat (klik) tulisan “Kunjungan”. Saat kita membuka halaman pengunjung tadi, dibawahnya akan ditampilkan juga data browser yang digunakan pengunjung untuk mengunjungi blog kita. Dan kita juga bisa melihat data koneksi yang digunakan pengunjung pada komputernya. Pada menu “Tampilan Peta” kita bisa melihat dari negara mana pengunjung blog kita. Jika kita klik salah satu negara (misal “Indonesia”) maka kita bisa lihat dari kota mana saja pengunjung blog kita. Dan kita bisa lihat kata kunci yang digunakan pengunjung dari kota tersebut dengan klik pada nama kota yang ingin kita lihat datanya.

SUMBER KUNJUNGAN
Jika kita klik tulisan sumber kunjungan, Google Analytics akan menampilkan sumber kunjungan yang dikelompokkan pada 3 jenis sumber kunjungan. Masing-masing adalah : Lalu lintas langsung, Situs pengarah dan Mesin pencari. Maing-masing jenis sumber kunjungan menampilkan prosentase jumlah kunjungan. Lalu lintas langsung berarti pengunjung langsung menuju blog kita dengan mengetikkan alamat blog kita atau jika mereka mem-bookmark halaman blog kita. Situs pengarah mencakup sumber kunjungan dari situs-situs tertentu yang mengantarkan pengunjung menemukan blog kita. Jika kita pernah blogwalking dan kita meninggalkan komentar atau URL blog kita tercantum pada situs –situs tertentu, maka lewat URL yang tercantum tadi pengunjung mengunjungi blog kita. Terakhir adalah Mesin pencari, disinilah seharusnya kita menetapkan target kunjungan. Karena jika prosentase sumber kunjungan didominasi oleh kunjungan yang bersumber dari mesin pencari maka itu berarti blog kita mudah ditemukan search engine. Pasti senang rasanya jika blog kita sering ditemukan pengunjung lewat search engine, tidak peduli dari Google, Yahoo, Bing, Altavista maupun mesin pencari lain.
Lewat sumber kunjungan, kita bisa lihat daftar kata kunci yang pernah diketikkan pengunjung untuk menemukan blog kita. Kalau anda ragu, silahkan gunakan salah satu kata kunci pada daftar kata kunci yang ditampilkan Google Analytics untuk melihat hasil pencarian mesin pencari. Kalau anda tidak merubah kata kunci yang anda gunakan, anda pasti melihat URL blog anda pada hasil pencarian.

Sebenarnya masih banyak data yang kita peroleh melalui Google Analytics sehingga kita bisa menentukan langkah untuk perkembangan blog kita nantinya. Namun info diatas saya rasa cukup untuk menggambarkan pentingnya Google Analytics untuk perkembangan dan kemajuan blog kita. Kesimpulannya, kita harus sebisa mungkin meningkatkan prosentase sumber kunjungan dari mesin pencari dan meminimalkan tingkat pentalan (bouncing) pengunjung. Karena tingkat pentalan (bouncing) yang tinggi mengindikasikan bahwa pengunjung tidak memperoleh info yang dibutuhkan melalui blog kita. Selanjutnya kita bisa memperbaiki konten blog kita atau memperbarui konten blog kita agar pengunjung memperoleh jawaban yang diinginkan. Hal ini bisa kita lihat pada survey kata kunci yang digunakan pengunjung. Demikian ulasan saya mengenai Google Analytics, semoga memberikan inspirasi bagi anda untuk mengolah blog maupun website yang anda miliki.

0 comments:

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks