11 Oktober 2009

CARA MENGGUNAKAN HANDPHONE SEBAGAI MODEM

Kebanyakan orang tidak menyarankan untuk menggunakan handphone sebagai modem , mengingat fungsi handphone adalah sebagai alat komunikasi, entah untuk melakukan panggilan, sms atau komunikasi data. Tapi bagi siapa yang penasaran untuk mencoba atau memang tidak ada pilihan lain, mungkin artikel ini bisa sedikit membantu. Tapi saya ingatkan sebelumnya, jangan gunakan handphone anda sebagai modem dalam jangka waktu yang panjang, agar tidak menimbulkan efek yang serius.
Sebelum anda membaca kelanjutannya, saya ingatkan bahwa pada artikel ini saya memberikan tuntunan sesuai dengan pengalaman saya pribadi.



Pada kasus ini saya menggunakan komputer ber-basis WINDOWS XP Professional menggunakan handphone SAMSUNG SGH E-250 (GSM) sebagai modem. Contoh handphone lihat gambar di bawah ini :





Note : untuk Windows Vista versi yang didukung adalah Samsung PC Suite v.3.2

Sebelum memulai,pastikan anda sudah memiliki kabel data yang sesuai dan CD SAMSUNG PC SUITE ( v.3.1 atau v.3.2 ) yang nanti digunakan untuk meng-install USB Driver-nya.Perlu diketahui bahwa kabel data yang saya gunakan adalah milik SAMSUNG SGH E-200 karena paket pembelian SAMSUNG SGH E-250 tidak disertakan kabel data dan kebetulan kabel data milik SAMSUNG SGH E-200 sesuai dengan SAMSUNG SGH E-250. Bila anda kesulitan mencari Software USB Driver-nya, anda pinjam CD Software ke teman atau tetangga trus langsung di-install. Jika mau simpan installer-nya, dicopy aja 2 intallernya, baik yang Samsung PC studio dan Samsung USB Driver-nya. Dan memang harus terpasang ke-dua²nya, karena 2 installer tadi saling berhubungan satu sama lain. Software tersebut juga bisa di-download via situs resmi milik Samsung secara gratis (tetapi ukuran filenya besar banget) atau di BROTHERSOFT (v.3.2.1=72MB).

Baiklah, untuk memulai ikuti langkah-2 berikut ini :

1. Masukkan CD SAMSUNG PC SUITE maka otomatis CD akan terbaca dan menu akan tertampil pada layar. Jika tidak tampil pada layar, pastikan anda cari pada menu "My computer". Jika sudah anda temukan klik pada ikon atau klik kanan>autoplay atau klik “Open”. Pilih bahasa English saja dan klik satu persatu mulai dari Install Samsung PC Studio dan Install USB Driver. Yang lain tidak perlu dan jangan menghubungkan handphone dan kabel data sebelum peng-installan selesai. Jika telah selesai, klik tanda "X" untuk keluar menu.( perlu diketahui : sotware ini juga bisa digunakan untuk Samsung CDMA )
2. Pasang kabel data dan sambungkan ke handphone. Pada menu utama, klik ikon SAMSUNG PC STUDIO  seperti contoh dibawah ini :






maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :






3. Pilih manage internet connection,tandai/pilih create>klik next,isikan nama koneksi sesuka anda pada tab karena nantinya akan jadi menu dial-up pada menu utama dengan ikon seperti menu "manage internet connection"(for example : INDOSAT)>klik next, beri tanda centang pada kotak disamping tulisan "Samsung Mobile USB Modem ">klik next,pilih negara pada tab(ada pilihan negara) next pilih network provider(pilih operator sesuai dengan yang akan anda gunakan) maka otomatis settingan tab di bawahnya terisi settingan operator yang anda pilih. Sebagai contoh pada pengalaman saya ini, saya menggunakan kartu IM3, contoh review adalah sebagai berikut :
















4.Kalau semua diatas sudah benar, klik next maka akan tampil Info Summary yang ber-isikan data-2 yang telah dibuat tadi>klik next>finish>maka akan muncul folder baru untuk dial-up pada menu utama. Tutup Samsung PC Studio untuk kembali ke menu utama. Oppss...! hampir lupa,jika Samsung PC Studio tidak bisa dibuka, pastikan anda menghapus daftar modem pada menu "Phone and Modem options" , lebih jelasnya lihat step 5.
5. Klik start>setting>control panel>"Phone and Modem options",jika ada daftar modem tercantum pilh semua dan klik "remove" sebab nanti di tab ini akan terisi otomatis jika kita melakukan langkah-2 mulai langkah 1 -3.
6. Terakhir, pada menu standby, klik ikon "bumi" diselubungi tanda panah.






Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :






Kalau anda menggunakan komputer pribadi, beri centang pada kotak dan beri tanda pada yang bertuliskan"Me only",lalu klik "Dial" maka anda akan segera terhubung ke internet. Lalu pilih aplikasi browser yang suka. Selamat mencoba!

0 comments:

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks