03 Maret 2010

TIPS MENINGKATKAN KINERJA KOMPUTER DENGAN PLATINUM GUARD

Bila komputer anda mulai tampak lambat dalam proses kerjanya, mulai dari start hingga saat kerja, mungkin anda perlu membersihkan file sampah dan yang tidak diperlukan dalam komputer anda. Banyak aplikasi yang membantu kita untuk melakukan proses itu. Pada kesempatan kali ini, saya ingin memperkenalkan aplikasi persembahan SOFTPEDIA, yaitu PLATINUM GUARD (klik untuk menuju halaman download). Aplikasi ini membantu kita membersihkan komputer dari file yang benar-benar tidak diperlukan dan meningkatkan kapasitas ruang kosong pada hardisk drive sehingga kinerja komputer bekerja lebih baik dan normal kembali. Berikut ulasan saya mengenai aplikasi tersebut :


Platinum Guard
Tampilan awal pada waktu dibuka

Selanjutnya akan ditampilkan menu antara lain : Smart Computer Clean, My Custom Folder Clean, Intensive Computer Clean dan Additional Cleaning Tweaks. Saya akan bahas satu persatu menu-menu tadi.

SMART COMPUTER CLEAN
Pada tampilan menu awal, menu inilah yang pertama kali ditampilkan dengan daftar pilihan Clean Internet Browser, Clean Microsoft Windows dan Clean My Custom Folder. Pada pilihan “Clean Internet Browser” akan ditampilkan bermacam pilihan seperti tampilan berikut :


Platinum Guard
Memilih dengan pemberian tanda centang

Seperti yang anda lihat, setiap pilihan yang diberi tanda centang akan dibersihkan dengan sekali klik pada tombol “Start Smart Cleaning Process”. Bila anda tidak ingin kehilangan “data password” yang tersimpan pada browser-browser yang anda miliki, sebaiknya hilangkan tanda centang pada pilihan “cookies”, misal Mozilla Firefox Cookies. Jika pilihan tersebut ditandai, password yang tersimpan pada masing-masing browser akan terhapus, sehingga ketika anda login ke sebuah situs yang membutuhkan konfirmasi “password” untuk masuk, maka anda akan perlu mengisikan password secara manual. Sedang jika tanda centang dihilangkan, setiap anda login ke suatu situs yang membutuhkan password, maka otomatis browser akan mengisikan secara otomatis ke dalam kotak isian password (hal ini tergantung anda jika pernah klik pada tombol “ingat” pada kotak dialog yang muncul pada browser anda yang memberikan pilihan untuk menyimpan password).
Untuk memulai pembersihan, klik tombol “Start Smart Cleaning Proses” maka proses pembersihan dan penghapusan file-file yang tidak diperlukan akan berjalan. Pada tampilan aplikasi akan ditampilkan data dan nama file yang dihapus. Hasilnya sungguh mengagumkan. Sebagai contoh: pada partisi C: di komputer saya, memori kosong yang tersisa hanya 2, 90 Giga. Setelah dibersihkan menjadi 3,52 Giga, hebat bukan?!
Padahal sebelumnya komputer saya sudah mulai lemot dan kadang sedikit error dan saya sudah menggunakan CCleaner dan aplikasi lain termasuk melakukan “defrag”, namun semua itu tidak membantu sama sekali. Jadi aplikasi ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki aplikasi lain. Tetapi perlu diketahui, aplikasi ini memang mempunyai fungsi khusus untuk memaksimalkan kinerja komputer dengan cara membersihkan file sampah dan file yang tidak terpakai secara aman. Dan ada fitur untuk memaksimalkan kinerja browser yang anda miliki (akan saya bahas lebih lanjut).

MY CUSTOM FOLDER CLEAN
Fitur berikut berfungsi untuk menghapus kustomisasi pada folder bilamana kostumisasi pada tiap folder menyebabkan komputer menjadi kurang maksimal. Sehingga kinerja “windows explorer” bisa bekerja lebih baik lagi. Pada tampilan aplikasi anda bisa memilih pilihan partisi hingga pilihan folder dan sub folder.

INTENSIVE COMPUTER CLEAN
Inilah fitur yang paling bisa diandalkan pada aplikasi ini, dimana aplikasi akan melakukan scanning file yang tidak diperlukan jika kita klik tombol “Start scan”. Setelah proses scan berjalan, akan ditampilkan daftar file yang akan dihapus dan ditampilkan pula kapasitas memori yang akan berhasil ditambahkan atau dibebaskan. Berikut tampilannya :


Platinum Guard

Jika kita klik tombol “Proceed To Cleaning Stage” akan muncul pilihan file mana saja yang perlu dihapus. Kita bisa klik “Select All” jika tidak ingin mencentang satu persatu, jika ragu, silahkan beri tanda centang yang tersedia pada masing-masing nama file. Selanjutnya klik tombol “Removed Selected Files”, maka proses penghapusan berjalan dengan cepat dan selanjutnya tutup dengan klik tanda silang (X). Coba lihat kapasitas memori pada tiap partisi lewat “My Computer” dan arahkan kursor pada masing-masing partisi, anda akan melihat peningkatan memori sisa pada tiap partisi secara signifikan.

ADDITIONAL CLEANING TWEAKS
Inilah fitur terakhir yang berguna bila saat start komputer, prosesnya agak lemot termasuk proses browser yang digunakan. Aplikasi ini difungsikan untuk memperbaiki kinerja Mozilla Firefox, maka pilihan untuk meningkatkan kinerja Firefox ditampilkan. Ada 3 tombol pilihan yaitu : Defragment and Vacuum Firefox Database, Uncompressed Compressed Old Files dan Disabled Old Files Compression. Cara kerja fitur ini adalah mengembalikan file-file yang di-compress secara otomatis oleh program Windows XP (Windows XP meng-kompresi suatu file untuk melonggarkan ruang hardisk). Disebutkan pada aplikasi tersebut, adakalanya file-file yang dikompresi oleh system Windows menyebabkan kinerja suatu aplikasi menjadi lambat. Dalam kasus saya, firefox mulai lambat saat saya start atau mulai dijalankan, jendela browser tidak kunjung terbuka. Setelah saya klik “Defragment and Vacuum Firefox Database”, Mozilla Firefox saya kembali lancar dan cepat terbuka.

Demikian ulasan saya tentang “Platinum Guard” yang mampu membuat komputer kita bekerja lebih maksimal. Segera download dan gunakan aplikasi tersebut untuk memaksimalkan kinerja komputer anda. Selamat mencoba !

0 comments:

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks