02 Juni 2010

BAGAIMANA MELIHAT HALAMAN TERINDEX DAN BACKLINK

Berikut ini adalah tutorial biasa mengenai cara melihat dan meyakinkan diri, apakah halaman blog kita sudah terindex Google, Yahoo maupun mesin pencari lain. Saya tulis tips sederhana ini karena adakalanya blogger pemula bertanya “Apakah blog-nya sudah terindex dan mengapa tidak muncul pada hasil pencarian?” . Nah, tips berikut sebenarnya hanya untuk melihat apakah halaman-halaman blog kita sudah terindex atau belum dan melihat seberapa banyak halaman blog kita yang terindex. Berikut caranya :




Jika anda sudah dalam kondisi “online” atau sudah tersambung ke internet, pada kolom cari di browser anda (misal Mozilla Firefox), pilih salah satu “mesin pencari”. Jika tujuan anda ingin melihat halaman blog yang ter-index mesin pencari Google Search, maka pilih saja logo Google lalu isikan pada kolom pencarian dengan tulisan dengan format berikut :



site:nama-blog-anda.blogspot.com



Pada tulisan “nama-blog-anda” silahkan tulis dengan nama blog anda sendiri, selanjutnya klik tombol “cari” atau logo “kaca pembesar”. Hasil pencarian akan menunjukkan halaman-halaman blog anda yang terindex di mesin pencari Google. Dan anda juga lihat, bagaimana tampilan hasil pencarian tersebut untuk blog anda, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan. Jangan-jangan hanya menampilkan judul blog dan deskripsi saja dan tidak ada hasil yang memuaskan. Tetapi perlu dicatat, tips biasa ini hanya untuk melihat jumlah halaman yang ter-index dan tampilan hasil pencarian, bukan untuk melihat page rank atau rangking halaman blog anda yang terindex. Jadi ketika anda tidak menemukan halaman blog anda pada hasil pencarian dengan kata kunci yang menjadi target anda, berarti kata kunci yang anda pasang tidak sesuai target atau kalah bersaing dengan blog dan web lain.



Sedangkan untuk melihat backlink blog anda yang sesungguhnya, anda cukup ketikkan tulisan dengan format berikut :



link:nama-blog-anda.blogspot.com



Nanti akan ditampilkan backlink sesungguhnya yang dimiliki blog anda. Disinilah letak backlink natural yang sesungguhnya. Percaya atau tidak, pada laporan di dasboard webmaster Google, blog saya memiliki backlink atau situs yang mempunyai link yang menuju blog saya. Tetapi kenyataannya, setelah saya cek dengan cara di atas, tak satupun hasil yang ditampilkan. Jadi kalau ada yang mengatakan kalau komentar pada blog yang “dofollow” bisa menjadi backlink, kayaknya pemikiran tersebut mesti di rubah. Tetapi komentar bukanlah masalah, karena komentar yang anda tuliskan adalah salah satu media promosi juga, tetapi jangan mengira akan menjadi “backlink”. Apalagi backlink yang baik adalah yang memiliki keterkaitan topik pada artikel di sebuah blog maupun halaman tertentu. Bahkan saya ingin katakan, backlink yang diakui oleh Google rata-rata adalah backlink yang didapat dari web atau blog yang memiliki hosting sendiri. Kalau anda berpendapat berbeda, terserah anda. Tetapi, dari hasil pelacakan dengan cara di atas, kenyataan yang saya dapatkan adalah demikian adanya. Para webmasters dunia pun sering mengatakan hal yang sama di forum-forum diskusi bahwa adakalanya sebuah komentar hanya dianggap spam karena cuma ingin promosi walaupun tergantung komentar itu sendiri. Untuk mengetahui halaman yang ter-index Yahoo, maka gunakan Yahoo! Search dan lakukan cara yang sama. Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan mesin pencari lainnya untuk mengetahui halaman yang ter-index, misal di Altavista, Bing (MSN), Ask, AllTheWeb dll. Demikian ulasan kali ini, semoga tutorial singkat ini bisa membantu blogger pemula agar tidak kebingungan saat blog mereka tidak ditemukan pada hasil pencarian.

3 comments:

la tahzan mengatakan...

Untuk site sudah bisa gan.. tapi link'y belon nongol.. Hehee, :)
mbah gugel pelit!!!!

Nizam Zahman mengatakan...

Memang menyedihkan, mending sementara cukup naikkan alexa rank dan update blog dg artikel yg bermanfaat.
Istilahnya, mendongkrak pamor blog. Sebab, web atau blog yg punya PR bagus, biasanya nggak mau tukeran link ma blog yg nggak punya pagerank.

Kuda Ajaib mengatakan...

terimakasih gan infonya..

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks