05 September 2009

TIPS MENGHAPUS APLIKASI KOMPUTER

revouninstaller
Berikut adalah tips menghapus aplikasi atau meng-uninstall sebuah aplikasi dengan bantuan software atau aplikasi dengan nama Revouninstaller.
Pada kasus yang biasa,menghapus atau uninstall sebuah aplikasi bisa dilakukan dengan meng-klik file “uninstall” pada folder aplikasi yang bersangkutan,misal pada aplikasi PC Suite untuk koneksi sebuah handphone. Maka, file “uninstall” bisa kita temukan dengan cara klik start>all program>pilih uninstall pada aplikasi yang dimaksud. Jika file "uninstall" tersebut di-klik, maka proses penghapusan akan berjalan setelah anda konfirmasi dengan menekan tombol “yes”. Jika file “uninstall” tidak
ditemukan dengan cara tersebut,maka bisa dicari pada folder aplikasi yang bersangkutan, bahkan kadang "uninstall" musti dilakukan dengan cara mengklik file “setup” dimana nanti muncul jendela pilihan dengan 2 pilihan, yaitu: “repair” atau “delete”. Namun bagaimana jika penghapusan tdak bisa dilakukan dengan cara² tersebut?. Mungkin bisa dilakukan lewat “registry”, tapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka salah satu software gratisan dengan nama REVOUNINSTALLER adalah jawabannya. Aplikasi ini bisa menghapus aplikasi dengan 4 cara yang dikehendaki, yaitu :
1. Built-in : hanya menjalankan proses “uninstall” tanpa scan system registry dan system lain.
2. Safe mode : termasuk cara 1 dan disertai scanning pada system registry dan hard drive termasuk item² yang tertinggal yang perlu dihapus, ini adalah cara cepat.
3. Moderate : termasuk cara 2 dan scanning lebih dalam lagi pada system dan hard drive, dimana anda bisa menentukan ststem registry yang perlu dihapus (biasanya ditandai dengan tulisan tebal/bold).
4. Advance : termasuk cara 3 dan scanning paling dalam sehingga ini adalah cara paling lambat namun akan menampilkan semua item yang perlu dihapus agar tidak tersisa.

Akan tetapi, 4 pilihan tadi tidak akan muncul jika pada option anda mencentang pada check box yang bertuliskan “Only run the built-in uninstaller".
Untuk tampilan REVOUNINSTALLER ada 3 pilihan, pertama: tampilan list (daftar), kedua : tampilan thumbnail dan terakhir tampilan list disertai info ukuran setiap aplikasi yang terpasang serta info pengembang aplikasi dari masing² aplikasi. Berikut tampilan² tersebut :

1. Tampilan list
Tampilan list

2. Tampilan thumbnail
thumbnail

3. tampilan list dan info


Anda juga bisa memilih uninstall aplikasi yang terpampang pada menu utama komputer anda (tampilan desktop) menggunakan fitur “Hunter Mode”,dimana jika anda klik pilihan ini nanti akan muncul ikon pada pojok kanan atas layar PC anda dan bisa digerakkan atau diarahkan pada ikon aplikasi yang hendak dihapus.Anda juga akan temukan fitur Autorun Manager,Windows Tools dan Junk Files Cleaner jika anda klik “tools”.Berikut tampilannya :



Anda juga bisa temukan 5 fitur “track cleaner” jika anda klik tulisan tersebut,antara lain : browser cleaner,microsoft office cleaner,windows cleaner,evidence remover dan unrecoverable delete.Hanya saja anda harus jeli untuk menggunakan fitur² tambahan tersebut.
Ukuran installer-nya hanya 1.02 MB dan bisa anda download gratis,misal disini.Untuk yang portable,klik disini.Demikian ulasan tentang REVOUNINSTALLER,semoga membantu bagi kalian yang kesulitan untuk menghapus sebuah aplikasi.

0 comments:

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks