16 Oktober 2009

MENGENAL FUNGSI PENGATURAN BLOGSPOT

Agar lebih memudahkan bagi blogger pemula untuk mengolah blog,maka aku jadi kepikiran untuk menulis artikel ini.Karena ternyata ada juga yang bingung untuk menghapus blog di blogspot,ada yang bingung dengan mode penulisan posting dan lain sebagainya!
Baiklah,berikut ulasannya :
Kalo kita login ke dashboard blogger di blogspot,maka tampilan atau menu blog akan tergantung template yang kita pakai.Kalo kita pakai template klasik maka menu yang ditampilkan antara lain :Entri Baru,Edit Entri,Pengaturan,Template dan Uangkan

Keterangan :
Entri Baru : Untuk menulis artikel atau membuat postingan baru yang nantinya dipublikasikan atau bisa disimpan dulu sebagai konsep.
Edit Entri : Untuk mengedit postingan yang telah kita publikasikan atau yang masih disimpan sebagai konsep.
Pengaturan : Untuk mengatur cara kita meramu blog,mulai dari Dasar,Publikasikan,Format,Komentar,Arsipkan,Feed Situs,Email & Seluler,Open ID dan terakhir Izin ( yang nanti akan dibahas satu persatu ).
Template : Untuk mengedit script template secara langsung pada mode HTML dan CSS.
Uangkan : Untuk mengatur letak contoh iklan jika kita hendak mendaftar ke Google Adsense dan tersedia link yang bisa langsung mengantar kita pada halaman formulir pendaftaran.

Jika menggunakan template kustom,menu yang tersedia antara lain : Entri Baru,Edit Entri,Pengaturan dan Tata Letak.Menu Uangkan hanya muncul jika kita punya akun di Google Adsense atau pernah daftar tetapi aplikasi ditolak yang nantinyanya bisa diajukan lagi setelah memenuhi persyaratan yang dilampirkan pada email konfirmasi dari pihak Google Adsense.
Keterangan :
Entri Baru : Untuk menulis artikel atau membuat postingan baru yang nantinya dipublikasikan atau bisa disimpan dulu sebagai konsep.
Edit Entri : Untuk mengedit postingan yang telah kita publikasikan atau yang masih disimpan sebagai konsep.
Pengaturan : Untuk mengatur cara kita meramu blog,mulai dari Dasar,Publikasikan,Format,Komentar,Arsipkan,Feed Situs,Email & Seluler,Open ID dan terakhir Izin.
Tata letak : Untuk mengatur susunan struktur layout blog dengan mudah melalui Elemen Laman dengan metode “drag & drop” ( seret dan jatuhkan : dengan cara klik dan tahan pada elemen yang dipilih lalu geser dan lepaskan tombol mouse untuk menempatkan elemen ),mengatur font dan warna font maupun background melalui Font dan Warna ( fungsi ini tidak bisa dipakai secara maximal pada template kustom dari pihak ketiga ),mengedit script HTML dan CSS melalui Edit HTML dan memilih template yang disediakan pihak Blogger melalui Pilih Template Baru.

Sekarang bahasan mengenai pengaturan dan penerapan fungsinya.Jika kita klik kata “Pengaturan”,maka otomatis kita diarahkan pada pengaturan “Dasar” serta ditampilkan menu² pengaturan lainnya.
Dasar : Pada pengaturan dasar akan kita jumpai Alat blog yaitu : Impor Blog,Ekspor Blog dan Hapus Blog.Impor blog berfungsi untuk memindah dan mengembalikan artikel ke domain blogspot jika pernah meng-ekspor artikel ke domain di luar blogspot.Ekspor blog berfungsi sebaliknya,yaitu memindah atau mentransfer artikel ke domain baru di luar blogspot .Hapus Blog berfungsi untuk menghapus blog terpilih secara permanen dengan masa tenggang 90 hari (dalam rentang waktu 90 hari kita masih memiliki kesempatan untuk membatalkan penghapusan dan menampilkan kembali ).
Selanjutnya kita bisa lihat kolom “Judul” yang berfungsi sebagai judul blog kita ( Title )atau biasa disebut “Header”.Lalu kolom “Uraian” yang berfungsi sebagai “Deskripsi” blog secara keseluruhan.Dibawahnya terdapat pilihan Tambahkan blog Anda ke daftar kami?,jika pilih “ya” maka blog anda akan ditampilkan pada Penelusuran Blog Google yang berarti blog kita diperkenalkan pada komunitas blog yang terhubung dengan blogspot dan mengijinkan “mesin pencari Google” menemukan blog kita.Jadi fungsinya menggantikan meta tag robots atau tanpa kita tambahkan pun,penelusuran robot “crawler” bisa ditentukan lewat fitur ini.Tampilkan Editing Cepat di Blog Anda?,fitur ini nantinya akan menampilkan gambar pena.Selama Blogger masih mengenali kita sebagai pemilik blog,kita tinggal klik ikon tersebut untuk meng-edit artikel yang kita pilih.Tampilkan Link Posting Email,jika dipilih “ya”,maka pengunjung bisa mengirimkan postingan melalui email ke teman² mereka.Konten Dewasa?,jika dipilih “ya” maka pengunjung akan melihat pesan peringatan bahwa blog kita memiliki konten khusus dewasa.Setting Global,jika kita memiliki lebih dari 1 blog,maka settingan ini akan berfungsi untuk keseluruhan blog yang kita miliki di dashboard blog kita pada saat jita membuat postingan.Kita bisa lihat ada 3 pilihan,pertama : Editor yang diperbarui,dimana fitur lebih lengkap termasuk link tambahan dan pilihan lain,kedua : Editor lama,pilihan penulisan model lama tanpa link tambahan dan pilihan tambahan dan ketiga : Sembunyikan mode penyusunan,pada pilihan ini kita tidak bisa membuat postingan pada mode “Compose” kecuali mode “Edit HTML”.Pada pilihan terakhir ini,kita harus tahu kode atau script html seperti : membuat cetak tebal ( <b> </b> ),membuat hyperlink ( <a hreff="http://taman-merdeka.blogspot.com">TAMAN MERDEKA</a> ) dsb.Berhubung terlalu ribet,sebaiknya jangan tandai pilihan ini.Terakhir,biarkan pilihan Aktifkan transliterasi? pada pilihan “Nonaktifkan”.

Publikasikan : Pada pengaturan ini kita bisa merubah URL blog kita,misal : unyil.blogspot.com menjadi cuplis.blogspot.com.Selama nama yang kita pakai tersedia,kita bisa simpan nama yang baru setelah mengisi kode “Verifikasi Kata” yang ditampilkan.Disini kita juga bisa mengalihkan URL blog kita pada domain milik kita sendiri tanpa embel² *blogspot* (misal : namakita.com ) dan blogspot tetap menjadi host bagi blog kita atau memindah domain dan host secara keseluruhan.

Format : Blogger pemula sering tidak tahu fungsi pengaturan ini,dimana pada pilihan Tampilkan pada halaman utama,kita bisa mengatur jumlah artikel atau postingan pada halaman utama.Kita bisa menampilkan jumlah tulisan sesuai angka yang kita isikan/ketikkan pada kolom selama kita memilih pilihan “postingan” dan bukan “hari”.Kita juga bisa memilih format tanggal, format arsip dan format waktu penulisan artikel.Pada pilihan Tampilkan Field Judul set ke “ya” agar bisa menuliskan “judul artikel” dan Tampilkan kolom link bisa pilih “ya” yang nantinya judul artikel kita otomatis memiliki hyperlink jika kita mengisikan URL artikel kita.Aktifkan Perataan Float bisa anda baca sendiri keterangannya.Pada Template Entri,disinilah kita isikan kode
<span class="fullpost">
</span>
Dimana kode tersebut akan tampil pada kolom postingan saat kita membuat postingan baru dan mempunyai fungsi menyingkat artikel atau membuat read more.Untuk lebih lengkapnya,coba anda baca MEMBUAT READ MORE PADA POSTINGAN.

Komentar : Kita bisa menampilkan atau menyembunyikan komentar pada pengaturan ini dan mengatur siapa saja yang bisa berkomentar.Untuk menghindari komentar yang tidak diinginkan sebaiknya fitur verifikasi kata diaktifkan.Pengaturan lainnya,saya yakin anda bisa menentukannnya.

Arsipkan : Pada pengaturan ini anda bisa mengatur arsip postingan berdasarkan tanggal postingan,format per-minggu,atau per-bulan yang diikuti jumlah postingan ( misal untuk bulan : September [4] ).

Feed Situs : Umpan yang juga berfungsi sebagai peta situs,kalau anda terdaftar pada feed dari pihak luar anda bisa isikan URL feed yang anda dapat dari pihak luar tadi ke kolom isian dan selanjutnya ikuti instruksi.

Email & Seluler : Untuk posting via MMS atau Email,untuk keterangan bisa anda baca sendiri.( tangan udah pegel neh! )

Open ID : Keterangan udah cukup jelas.

Izin : Nah pengaturan ini untuk kita yang ingin membuat blog bersama.Anggota yang udah terdaftar bisa ikutan posting,tapi yang pegang kendali sepenuhnya adalah admin atau yang membuat blog.

Demikian sedikit info tambahan untuk memperjelas cara pengaturan pada blogspot.SALAM SUKSES! LUU….ARA’AN!

1 comments:

Unknown mengatakan...

Mau tanya mas bro? Ekpor blog itu berarti kita tidak bisa menggunakan nama domain yang menjadi target eksport sob? Kalo kasusnya blog kita hapus, hasil eksport tadi bisa tidak menggunakan domain yang dihapus itu dan otomatis tidak nama domain masuk dalam blog baru atau harus dirubah bagaimana? Soalnya email ane yang gunain itu blog sudah dinonaktifkan dalam daftar AdSense jadi mau coba Ekspor

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks