22 Mei 2010

MEMBUAT LINK DENGAN ADOBE ACROBAT PADA PDF

Pada artikel terdahulu (Membuat Link Di PDF), saya salah tulis dengan menuliskan “Adobe Reader” yang seharusnya “Adobe Acrobat”. Jadi pada artikel kali ini saya ingin menjelaskan tentang cara membuat link di PDF menggunakan “Adobe Acrobat” dan yang saya gunakan adalah yang versi 5.0. Untuk keperluan printing (mencetak PDF) seharusnya Adobe Acrobat juga bisa, tetapi entah karena di komputer saya sudah terinstal Foxit PDF Reader maka pilihan print menggunakan Adobe Acrobat tidak muncul di toolbar MS Word. Dengan menggunakan Adobe Acrobat, maka kita bisa edit sebuah kata atau kalimat atau menyisipkan link yang kita kehendaki. Berikut tampilan toolbar pada Adobe Acrobat tadi.

Toolbar Adobe Acrobat


Pada gambar diatas, simbol / ikon untuk menyisipkan link ditampilkan dengan gambar “rantai”. Jika kita klik ikon tersebut, kursor akan berubah seperti “target”, tinggal klik+tahan pada kata atau gambar yang hendak disisipkan link, maka nanti muncul jendela (pop up) untuk mengisikan link yang kita maksudkan. Berikut tampilan jendela “pop-up” tadi.

Jendela Link Properties


Selanjutnya, kita tinggal menentukan pilihan. Pada kolom “Type”, pilih saja yang “Invisible Rectangle” (ditandai lingkaran merah, nantinya kolom yang saya tandai lingkaran biru akan dihilangkan. Berikut tampilannya.

Jendela Link Properties 2




Pada “Action”, pilihan “Type” kita pilih “World Wide Weblink”. Setelah itu kita klik tombol “Edit URL” dan akan muncul jendela pop-up untuk mengisikan link yang kita kehendaki. Berikut tampilannya :

Tombol Edit URL

Tombol edit URL


Kolom isian link

Jendela pop-up untuk mengisikan link atau URL


Setelah klik “OK”, maka akan ditampilkan seperti berikut :


Pada gambar diatas, URL yang telah kita tambahkan akan ditampilkan dibawah tombol “Edit URL”. Setelah itu, tinggal klik tombol “Set Link”, maka link pada PDF anda sudah jadi. Untuk test, jangan lupa merubah kursor kembali seperti semula (kursor tangan) dengan meng-klik ikon “tangan” pada toolbar Adobe Acrobat.


Jika kursor mouse sudah berubah menjadi tangan, arahkan kursor ke subjek dimana anda menyisipkan link tadi. Otomatis kursor "tangan terbuka" akan berubah menjadi kursor "tangan penunjuk" dan pastinya muncul pop-up tulisan “URL” yang anda masukkan tadi. Jika dibandingkan dengan Foxit PDF reader, maka aplikasi milik Adobe System terkesan ribet, karena aplikasi milik Adobe System yang sekedar untuk membaca (Adobe Reader), ukurannya sudah lumayan besar. Sedangkan jika kita ingin membuat file PDF dan editing, maka kita harus install aplikasi Adobe Acrobat Reader yang “Full Version” dimana sudah termasuk “Adobe Distiller” yang nantinya berguna untuk peng"edit"an tadi. Padahal Adobe Acrobat Reader yang full version ukurannya lebih besar lagi. Jika anda ingin memilih, pastikan anda pilih Foxit PDF Reader. Alasannya, Foxit PDF Reader berukuran lebih kecil dan sudah komplit, sehingga tidak bikin sesak ruang hardisk dan tentu saja bikin kinerja komputer lebih ringan. Demikian tips kali ini, semoga berguna bagi anda yang ingin belajar membuat PDF sendiri.

2 comments:

Lalu Abdul Aziz MHD mengatakan...

Ilmu yang sangat bermanfaat terutama untuk membuat dokumen dengan mencantumkan link website atau blog kita. Terimakasih sudah menambah ilmu saya

Nizam Z mengatakan...

@Abdul Azis MHD : Sama2, terima kasih atas kunjungannya. Tutorial ini saya buat untuk memenuhi permintaan sekaligus sebagai perbandingan dg Foxit PDF Reader.

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks