23 Juni 2010

CARA KONFIGURASI GAMEPAD DENGAN KEYBOARD

Tidak semua game yang kita miliki di komputer bisa dimainkan menggunakan gamepad atau stick USB (yang seperti stick Playstation dan lainnya). Agar kita bisa memainkan game dengan stick tersebut, kita perlu konfigurasi tombol pada papan keyboard dengan tombol-tombol pada stick USB yang kita miliki. Untuk melakukan hal tersebut, kita perlu software yang bisa mengkonfigurasi tombol perintah pada papan keyboard dengan stick USB atau gamepad lainnya. Software tersebut adalah Xpadder. Dengan Xpadder, kita bisa mengatur atau mencocokkan tombol pada papan keyboard dengan tombol pada gamepad sehingga kita bisa memainkan setiap game menggunakan stick USB tadi. Sayangnya software ini termasuk “shareware” alias dijual. Jika anda berminat membelinya, silahkan kunjungi www.xpadder.com. Tetapi jika ingin mencari yang bajakan, hati-hati dengan virus trojan yang menyertainya. Saya hanya berbagi info saja mengenai konfigurasinya saja. Berikut contoh ikon Xpadder tadi :

capture9

Untuk melakukan konfigurasi, pastikan anda sudah install software bawaan dari stick yang anda beli. Kemudian install Xpadder di komputer anda. Langkah awal konfigurasi, anda pasang stick USB pada port CPU. Buka “Control Panel” dan klik pada menu “Game Controller” untuk test fungsi tombol pada gamepad yang anda miliki. Jika jendela sudah terbuka, klik pada properties dan anda bisa mulai lakukan test fungsi tombol pada gamepad. Tekan tombol satu persatu dan tekan tombol arah. Jika semua berfungsi, pasti ditampilkan pada jendela “properties tadi, berikut tampilannya :

capture30 

Menu pada Control Panel

capture43

capture45

Jika gamepad atau stick USB sudah berfungsi dengan baik, langkah selanjutnya adalah menjalankan Xpadder. Buka folder dimana anda meng-extrak Xpadder dan double click untuk menjalankannya. Ketika jendela Xpadder terbuka, anda perlu membuat “profile” untuk setiap masing-masing game yang anda kehendaki. Misal, untuk 1 game, maka anda buat profile dengan nama game yang anda pilih. Berikut tampilan jendelanya :

capture14

Klik pada ikon “gamepad” dan pilih “New” untuk mulai membuat profile baru. Setelah anda klik “New” akan ditampilkan jendela seperti berikut :

capture17

Klik pada “Sticks” dan beri tanda centang pada “Enabled” lalu klik “Detect”, maka akan ditampilkan gambar D-Pada pada jendela Xpadder. Tekan tombol arah berdasarkan instruksi yang ditampilkan. Misal arah ← maka anda harus tekan tombol arah ke kiri. Sebab jika anda tekan tombol yang tidak sesuai, nanti fungsi tombol arah akan kacau dan tidak sesuai. Berikut screenshotnya :

capture18

Setiap anda tekan tombol arah, pada jendela Xpadder akan tampak menyala hijau tergantung tombol arah yang anda tekan. Jika tombol arah sudah ter-konfigurasi, selanjutnya kita perlu konfigurasi tombol “action” (gamepad bagian kanan). Klik pada “Buttons” lalu tekan tombol action satu persatu, mulai dari tombol 1 (segitiga), 2 (bundar), 3 (X), 4 (kotak) kemudian L1, L2, L3 dan L4. Maka akan muncul symbol kotak-kotak yang mewakili setiap tombol yang anda tekan, berikut tampilannya :

capture16

Jika semua tombol sudah diaktifkan, klik OK. Setelah anda klik tombol “OK” tadi akan ditampilkan jendela untuk mulai mencocokkan tombol gamepad dengan perintah pada papan keyboard, berikut tampilannya :

capture48

Pada gambar diatas, ditunjukkan tampilan tombol seperti yang telah anda buat sebelumnya. Untuk tombol arah sudah dipastikan berfungsi, anda bisa mencobanya dengan mulai menekan satu persatu tombol arah pada gamepad anda. Jika menyala hijau, itu pertanda sudah berfungsi dengan benar. Bagian paling penting adalah mencocokkan deretan kotak-kotak diatasnya. Setiap anda klik pada satu kotak, maka akan ditampilkan jendela keyboard untuk memilih tombol pada papan keyboard yang sesuai dengan fungsi game yang anda mainkan. Berikut contoh tampilannya :

capture13

Pada langkah ini, anda harus tahu tombol perintah pada papan keyboard sesuai dengan game yang hendak anda mainkan, misal game Beach Head 2000. Pada game Beach Head 2000, tombol spasi pada papan keyboard berfungsi untuk mengganti senjata dan tombol “M” berfungsi untuk meluncurkan rudal (Missile). Maka kita bisa menempatkan tombol M (Missile) sesuai dengan yang kita inginkan, misal kita letakkan pada tombol kotak (4) dan tombol spasi untuk tombol L1. Arahkan kursor pada kotak yang sesuai kemudian klik, pada tampilan keyboard, klik pada tombol pada tampilan papan keyboard yang muncul dan sesuaikan. Berikut contoh visualnya :

capture49

Lakukan lagi untuk tombol lainnya sampai semua tombol perintah game sudah terkonfigurasi di Xpadder sesuai dengan keinginan anda. Jika semua sudah, tinggal kita simpan dan kasih nama sesuai dengan game yang kita konfigurasikan tadi. Klik pada ikon kertas di tengah atau diantara kolom nama dan pilih “Save as..”, maka akan muncul jendela untuk mengisikan nama dan folder tempat menyimpan settingan. Lihat gambar berikut :

capture51

capture15

Setelah anda beri nama, tinggal klik “Save” dan anda mulai bisa menggunakan gamepad atau stick USB anda. Jika anda ingin memainkan game lainnya, maka anda harus membuat “profile” baru dan setting profile Xpadder yang baru sesuai dengan game tadi. Sedang jika ingin memainkan game sebelumnya, anda tinggal buka Xpadder, klik ikon gamepad dan pilih Open lalu pilih profile yang telah anda beri nama sesuai dengan game yang hendak anda mainkan dan klik “Open”. Maka konfigurasi tombol akan muncul sesuai dengan settingan yang telah anda buat sebelumnya. Demikian tutorial cara konfigurasi gamepad dengan papan keyboard untuk memainkan game yang tidak mendukung gamepad menggunakan Xpadder. Selamat mencoba!

Share this post :

35 comments:

@ris77 mengatakan...

makasih mas ^^

@ris77 mengatakan...

Thanx mas ^^

Nchos mengatakan...

Wow infonya sangat bermanfaat.
Makasih BOS!!

Cygnus mengatakan...

... bisa nggak ya, buat main PointBlank ?

Cygnus mengatakan...

... bisa nggak ya, buat main PointBlank ?

Nizam Zahman mengatakan...

Game online ya?!! waduh kagak tau ane, nggak bisa praktek lagi soalnya.

Fandra Nasution mengatakan...

Om Xpadder bisa buat vibration di stick gak?
Klo bisa cara settingnya gimana om?
Thanks :)

Unknown mengatakan...

keterangannya jelas, Mantap gan 100% oke Trims ya

Unknown mengatakan...

Keterangan sangat jelas. Mantap 100% oke, trims ya gan and good luck for you

Unknown mengatakan...

kaya'a semua game bisa pake ini

Unknown mengatakan...

boooosss heleeeppppppp!!
knapa yah game pad udh dicolok trs udh ke detect di control panel-game controller trs pas di tes tombol2ny gk begerak, piye ini?? awalny si bisa lama2 gl bs

Nizam Zahman mengatakan...

@indra ndr : bisa ada 2 kemungkinan.
Pertama : driver bermasalah.
Kedua : masalah pada port usb atau kabel stick, ada kalanya daya pada pci card melemah sehingga stick usb tidak terbaca lagi.

akbar mengatakan...

brow semua langkahnya uda sy ikuti tapi pada saat saya buka game pc sy call of duty MW3 ko tetap ng bisa ya????itu kenapa brow,,,,,,thx

akbar mengatakan...

brow langkah uda dijalankan dengan benar,,,di xpadderx udah berfungsi trus pada saat di game ko ng bisa di gunakan stick nya ya? itu kenapa brow,,tolng niii...????buka gamenya seperti biasa ajakan ato ada car tersendirinya,,thx brow,,,

Nizam Zahman mengatakan...

Buat @akbar : Sebelum menjalankan game-nya, apa bro yakin sudah meng-aktifkan settingan x-padder sesuai game yg bro mainkan? Ntar saya coba lagi deh, tp saya pake win xp sp3, bisa jadi xpadder nggak jalan di os yg lebih baru. Saya akan coba pake buat game delta force black hawk down

Anonim mengatakan...

Thank's Bro informasinya.....sangat bermanfaat bagi ane.....

duabelas mengatakan...

istimewaaaaaa.. mantaappp 100% berhasil, makasih mas bro :D

Nizam Zahman mengatakan...

@duabelas : sangat senang rasanya bila ada yang berhasil :). Perlu diketahui, pihak pengembang Xpaadder terus mengembangkan versi terbaru. Jadi pastikan bagi yang mencoba untuk mencari versi terbaru. Coba cari di disini

Unknown mengatakan...

Xpandder ini bisa buat main Naruto ultimate ninja storm 3 full burst PC nggak gan ? mohon jawabanya, makasih :)

Unknown mengatakan...

gan xpandder ini bisa buat main naruto ultimate ninja storm 3 full burst PC ngga? mohon jawaban nya, makasih :)

Nizam Zahman mengatakan...

@Aditiyo Coolz : secara teori bisa, bro. Tinggal prakteknya, kamu harus teliti dan setingan harus sesuai dengan perintah keyboard pada game tersebut.

Unknown mengatakan...

Mas KOK Mke Bayar tu Xpeder ??

Nizam Zahman mengatakan...

Buat Hidari : Coba klik link berikut : disini

Unknown mengatakan...

Kalo stik gak kompatibel sama windows 7 / masih bisa gak pake xpadder ini bro ?

Nizam Zahman mengatakan...

@Ade Saputra : Setahu saya, rata-rata stick buat pc tertulis tidak support win7 atau tidak terlihat logo win7. Nah, waktu saya coba xpadder pertama kali juga di laptop ber-OS win7, dan awalnya stick tidak bekerja sama sekali. Namun waktu saya colokkan lagi, tiba-tiba stick bekerja. Jadi saya sarankan, waktu instal driver stick, pilh "run as admistrator". Ini juga sering disarankan untuk semua aplikasi xp yg hendak dijalankan di win7, jadi coba dulu ya, bro. :)

Unknown mengatakan...

MAKASI BANGET MIN....!!! Penjelasan nya detail banget, jadi gampang ngerti cara nya.

Nizam Zahman mengatakan...

@mahsar : senang bisa membantu, makasih atas kunjungannya, salam!

Unknown mengatakan...

gan masalah nih.... xpadder udah di setting tapi saat jalanin game malah ga berhasil, ane minimaze gamenya trus buka notepad pake stik jadi wsad nya
game GTA IV gan

SITUS_GUNTUR_KFC mengatakan...

klo d pakai digame black hawk down...berfungsi gc gan...???

Nizam Zahman mengatakan...

@SITUS GUNTUR KFC : pada dasarnya aplikasi ini menggantikan fungsi keyboard ke gamepad atau stick usb. Kan main Black Hawk Down pakai keyboard, jadi pastinya bisa. Tinggal pintar-pintar settingnya, salam!

Unknown mengatakan...

Gan, ane kan udah setting ini di VRTG dan Ride 2, hasilnya Work. Tapi pas di setting ke MotoGP 15 ko ga work ya ?

Canss mengatakan...

kak pengen nanya aku kan punya stick wireless jrg jga aku pake, sekalinya mau di pake fd wirelessnya ke deteck cuma kedip2 mulu, trus pas di kasih nyala sticknya, lampu sticknya jga kedip2 mulu, malasah ada dmna yah??

Nizam Zahman mengatakan...

@Canss : tes dulu pada pengaturan windows-nya. Nah, situ pakai windows apa. Kalau windows 8 ke atas, sorry gan...benar - benar tidak tahu.

Nizam Zahman mengatakan...

Riduansyah : maaf gan, nggak ada kompi buat praktek lagi. Saran saya, pastikan buat profil baru, tombol di keyboard pastikan sesuai dg settingan Xpadder, setelah disave, aktifkan profilnya, good luck dan makasih atas kunjungannya. Saya sbg admin sudah jarang ngurus blog ini, sesekali lihat komentar masuk dan publikasi lewat hp android, salam

Nizam Zahman mengatakan...

buat pembaca semua : semua game PC yg operasinya menggunakan keyboard, secara teori bisa dijalankan lewat stick usb lewat aplikasi xpadder. Jadi tidak perlu lagi ada pertanyaan game ini atau itu bisa pakai xpadder atau tidak? selama bisa dijalankan pakai keyboard, berarti bisa pakai xpadder, salam!

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks