06 Juni 2010

MEMAINKAN JAVA GAME DI KOMPUTER

Untuk memainkan game –game java buat handphone di komputer, kita bisa menggunakan software atau aplikasi semacam emulator. Pada awal pencarian software tersebut, saya sempat menemukan link buat download di rapidshare. Ternyata software tersebut khusus untuk memainkan game Nokia lawas alias terlalu kuno, dimana pada layar, ditampilkan handphone antara N3650 dan N7650. Otomatis game java yang support sebatas MIDP 1.0. Padahal saya memiliki game-game java terbaru yang sudah pasti sekelas MIDP 2.0. Akhirnya saya menemukan juga akhirnya, yaitu software yang sudah support Java MIDP 2.0 alias mobile game buat handphone. Dengan software ini, kita bisa memainkan game-game java buat handphone untuk dimainkan di komputer. Fitur-fitur software tersebut antara lain :

a. Support MIDP 2.0

b. Support MMAPI (JSR) 135)

c. Support Mobile 3D Graphics (JSR 184)

d. Support Mobile 2D Graphics (JSR 226)

e. Support Bluetooth APIs for Java (JSR 82)

f. Support Nokia APIs

g. MIDP 2.0 compatible version of preverify for OS X

Highly Configurable

Software tersebut, bisa anda dapatkan pada alamat berikut : Corp.Mplayit.com

File yang di download nanti masih dalam bentuk ZIP. Jadi nantinya perlu diextrak terlebih dahulu. Tetapi sebelum menggunakan hasil extrak tadi, pastikan di komputer anda sudah ter-install Java Runtime Environtment, produk dari Sun Microsystem Inc. Jika anda bingung dengan apa itu Java Runtime Environment, mungkin perlu anda ingat atau mungkin anda pernah mengunjungi Facebook dan upload foto pertama kali. Nah, pasti muncul jendela tampilan yang menyarankan anda untuk download dan install dulu Java Runtime Environment tadi. Supaya lebih jelas, berikut logo installer (exe) yang nanti harus diinstall secara online :

Logo installer Java Runtime Environment

Pada gambar diatas adalah file “exe” yang berukuran kecil (sekitar 900kb) dimana peng-install-an memerlukan sambungan internet atau harus dilakukan secara online. Jika anda memilih secara online, pastikan mematikan aplikasi download manager yang ada atau mematikan fitur “auto detect” agar file installer yang didownload akan terinstall dengan sendirinya. Namun saya sarankan anda mengunduh file installer yang bisa di install secara “offline” agar anda bisa install sewaktu-waktu. Karena bagi yang memiliki koneksi yang kurang memadai, install secara “online” terasa lama dan membosankan. Sedangkan jika anda mengunduh (download) installer “Offline” tadi, anda bisa mengunduhnya dengan aplikasi download manager yang anda miliki, misal IDM, Getgo atau DAP. Kalau gagal, proses download bisa di”resume” lagi. Untuk installer yang diunduh secara online sebesar 10 MB, sedang yang “offline” sebesar 15 MB. Kepastian ukuran file bisa berubah sewktu-waktu tergantung pengembangan dari pihak Sun Microsystem Inc. Bagi anda yang belum meng-install Java Runtime Environment tersebut, silahkan kunjungi situs berikut Java Downloads for All Operating Systems - Sun Microsystems

Setelah terinstall Java Runtime Environment di komputer atau selesai peng-install-an, usahakan “restart” dulu komputer anda. Sehabis di restart, cari file ZIP dari Mplayit.com tadi dan ekstrak di folder manapun terserah anda. Selanjutnya, jalankan file dengan nama “Player”, mungkin nanti anda akan meilihat ikon file tersebut seperti gambar berikut :

ikon Java Player

Double klik pada file “Player” tersebut maka jendela player akan terbuka. Berikut tampilan jendelanya :

Java Player

Jika jendela “player” sudah terbuka, klik “File” lalu pilih “Open” dan cari game java di folder tempat anda menyimpan. Jika anda ingin download game java, sebaiknya anda menggunakan browser Winwap For Windows dan kunjungi situs mobile Vitalik.biz. Di situs tersebut banyak sekali game java buat handphone dengan macam-macam pilihan resolusi layar handphone. Tetapi pada pengalaman saya, player java yang sedang saya bahas ini kayaknya cuma support game dengan resolusi 176x208 dan 176x220. Sedang game dengan resolusi 128x160 bisa dimainkan tetapi tampilan akan sedikit error, tetapi tetap bisa dimainkan. Lain halnya dengan game dengan resolusi 240x320, tampilan seperti tidak “fit to screen” alias melebar sehingga tampilan tidak tampil seutuhnya. Dan yang lebih parah, game jadi “hang”, jadi kalau mau coba, download yang ukuran 176x208 atau 176x220. Tetapi ada kelemahan juga, tidak semua game java nanti bisa terdengar suaranya. Pada pengalaman saya, saya mainkan game dengan judul Fishing Legend. Fishing Legend adalah game semacam RPG yang asyik untuk dimainkan, dimana cerita game ini bercerita tentang seorang bocah yang ingin jadi pemancing handal sekaligus mencari ayahnya yang terkenal sebagai legenda. Ayahnya hilang ketika sedang berburu ikan aneh atau ikan legenda juga. Tapi saya belum tamat memainkan, jadi tidak bisa cerita lebih lanjut. Untuk memainkan game ini (Fishing Legend) akan saya bahas di blog saya yang lain. Berikut tampilan game Fishing Legend yang dimainkan di Player Java bikinan Mplayit.com :

Fishing Legend

Untuk memainkannya, kita cukup mengarahkan kursor mouse ke arah “numeric keypad” pada kolom samping kanan. Kalau ada pengalaman berbeda, mohon masukannya. Mungkin bisa dimainkan pakai controller lain atau ada perbedaan di komputer lain. Pada pengalaman saya, saya cuma menggunakan klik kiri pada mouse yang digunakan untuk menekan tombol angka sesuai perintah atau cara kontrol game yang dimainkan. Dengan player java ini, bisa menjadi alternatif buat maen game di PC dengan ukuran yang ringan.

Berikut beberapa screenshot game Fishing Legend :

screenshot

Semoga artikel ini berguna buat pecinta game java, kalo ada yang kurang dimengerti, silahkan tanya langsung melalui halaman “contact”. Selamat mencoba!

Share this post :

0 comments:

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks