01 Juli 2010

MEMBUAT GAME PORTABLE

Berikut ini adalah cara sederhana membuat game portable menggunakan aplikasi Universal Extractor dan Winrar. Sebenarnya istilah yang benar adalah membuat game yang biasanya ter-install menjadi “portable” atau bisa digunakan tanpa perlu install game tersebut. Tinggal extract file yang sudah jadi dan jalankan. Untuk melakukan hal tersebut, download dulu Universal Extractor dan pastikan anda memiliki Winrar di komputer anda. Jika tidak ada winrar, pakai IZarc pun bisa. Setelah anda download Universal Extractor, install di komputer anda. Setelah dijalankan, akan ditampilkan jendela tampilan seperti berikut :

capture22

Pada kolom atas, anda isi file “exe” atau installer yang hendak dirubah menjadi portable dengan klik pada tombol 1 sedangkan kolom bawah adalah folder tempat hasil file yang berhasil di”extract”. Diextract dalam hal ini adalah meng-extract file exe menjadi file-file yang nanti dihasilkan seperti anda telah menginstall game tersebut. Sebelum anda klik “OK” sebaiknya buat folder khusus untuk menampung hasilnya, misal folder dengan nama “Result” atau “Hasil”. Buat folder baru tadi di directory yang mudah dicari, misal di folder tempat terinstall Universal Extractor terinstall. Setelah anda buat foldernya, kembali ke jendela Universal Extractor dan klik tombol 2 untuk menentukan hasil extract. Setelah anda tentukan foldernya, klik “OK” untuk memulai proses extract. Maka akan muncul konfirmasi-konfirmasi, cukup klik “OK” saja dan proses extracting akan berjalan dengan cepat, tetapi tergantung besar file exe yang diextract.

capture28

capture29

Selanjutnya buka folder hasilnya sesuai dengan yang anda buat sebelumnya. Biasanya akan ditampilkan folder-folder seperti berikut :

capture30

File yang kita perlukan hanyalah semua file dalam folder “{app}”. Buka folder tersebut, klik salah satu file kemudian tekan “Ctrl+A”. Setelah semua ter-blok warna biru, klik kanan dan pilih “Add to {app}.rar” (jika menggunakan Winrar). Maka proses kompresi akan berlangsung seperti biasa, berikut beberapa screenshotnya :

capture32

capture33

Selanjutnya anda bisa menghapus file yang terblok tadi atau langsung gunakan dan simpan hasil kompresi yang berupa file RAR. Jangan lupa untuk rename atau mengganti nama {app}.rar dengan nama game yang anda pilih. Sisa file seperti “install_script.css” dan folder “embeded” bisa anda hapus. Demikian tutorial singkat membuat atau merubah game menjadi aplikasi portable. Selamat mencoba!

Share this post :

6 comments:

Unknown mengatakan...

mantabh infonya gan... nice post....

Nizam Zahman mengatakan...

Tapi buat game yag pake serial numer kayaknya nggak bisa. Ada infonya di portableapps.com tentang cara bikin aplikasi portable yang benar, tetapi terlalu njlimet.

Unknown mengatakan...

Gimana sih, cara menghapus background di blog.
Cuman mau tanya ajah . . .

Nizam Zahman mengatakan...

@Linggar : biasanya perlu edit template yg kamu gunakan, bisa nggak edit template, jangan lupa back up dulu sebelum diedit.

gerobaksoftware.blogspot.com mengatakan...

wahhh makasih baget gan buat infonya sukses selalu..
jika anda berkenan kunjungi blog saya gan http://gerobaksoftware.blogspot.com

gerobaksoftware.blogspot.com mengatakan...

wahh makasih banget gan infonya..
jika berkenan kunjungi blog saya ya http://gerobaksoftware.blogspot.com

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks