19 Juli 2010

MENAMPILKAN IKON AVIRA YANG HILANG

Jika anda pernah atau sedang mengalami masalah pada ikon Avira di system tray atau yang biasa tampil di pojok kanan bawah layar komputer anda, dimana ikon “payung” terbuka tidak muncul. Padahal antivirus bekerja normal dengan kondisi “guard” masih aktif. Pada waktu yang lalu, saya mengalami hal tersebut karena sebuah kesalahan pada waktu menjalankan “Add/Remove Program” di Control Panel. Saya lupa memberi centang pada beberapa “sistem tambahan” di windows, sehingga yang tidak tercentang otomatis akan dihapus dari system Windows. Akibat kesalahan tadi, saya kehilangan program tambahan seperti MS Paint, Calculator dan komponen yang ada kaitannya dengan System Tray. Akibatnya ikon Avira pun ikut tidak ditampilkan, yang mana ikon tersebut bisa dibuka manual dengan double klik pada file dengan nama “avgnt.exe”. Namun hal tersebut akan tetap begitu atau ikon tadi tidak bisa muncul otomatis saat Windows dijalankan. Nah, agar ikon Avira kembali muncul secara otomatis kembali saat Windows start up atau pertama kali dijalankan, kita perlu masukkan “string” registry secara manual pada “Registry Editor”, berikut caranya.

Klik “Start” lalu klik pada “Run” dan ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip) untuk membuka Registry Editor. Jika regedit tidak bisa dibuka, maka pastikan di”enable” dulu lewat “Group Policy” dengan cara klik Start>pilih Run lalu ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip). Klik tanda “+” pada User Configuration, lalu klik “+” pada Administrative Template kemudian klik pada System. Cari tulisan “Prevent access to registry editing tools”, double pada tulisan tersebut lalu pilih pada “Not Configured” atau “Disabled” dan klik “OK” untuk menyimpannya. Jika Registry Editor sudah bisa dibuka, maka lakukan langkah berikut :

Expand pada HKEY_CURRENT_USER, expand (jabarkan) lagi pada “Software” lalu “Microsoft” lalu “Windows” lalu “Current Version” kemudian cari “Run” dan klik kanan, pilih “New” kemudian pilih “String Key”. Saat tulisan “New Value #1” masih terblok warna biru langsung anda ketikkan “avgnt.exe” (tanpa tanda kutip). Singkatnya anda perlu buat string key baru dengan nama avgnt.exe. Jika sudah, double klik pada nama string yang baru anda buat tadi, lalu isikan pada jendela yang ditampilkan dengan tulisan berikut, C:\Program Files\Avira\AntiVir Desktop\avgnt.exe (ini adalah lokasi folder letak file “avgnt.exe” berada) dan klik OK untuk menyimpannya lalu tutup. Untuk mencobanya, silahkan “restart” komputer anda dan pastinya ikon Avira bisa muncul kembali secara otomatis di system tray. Jadi rangkaian registry diatas adalah seperti berikut :

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current Version\Run

System Tray2

System Tray

Jika kita ingin menambahkan aplikasi lain atau auto start pada aplikasi lain secara manual, maka kita bisa membuat “string” dengan cara diatas tadi. Tentu saja jika aplikasi tersebut tidak memiliki pilihan auto start pada setingannya. Demikian tips ringan untuk menampilkan ikon Avira yang hilang di system tray, semoga menambah wawasan anda.

Share this post :

1 comments:

Fahli Saputra mengatakan...

Terima Kasih Atas Bantuannya Kini System Tray Avira Saya Muncul Kembali

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks