21 Juli 2010

AKSES TWITTER MENGGUNAKAN TWHIRL

Semakin lama komunitas Twitter semakin ramai dan digemari oleh pengguna internet di dunia, walaupun komunitas no.1 masih diduduki oleh Facebook. Namun ada beberapa hal yang mungkin mengganggu atau ketidaknyamanan pengguna internet dalam hal akses halaman Twitter. Terutama saat diakses langsung menggunakan komputer, dimana komputer dengan spek yang kurang memadai akan menjadi kurang responsif atau lambat sekali. Halaman Twitter seakan terasa berat sehingga ketika saya ketikkan huruf demi huruf, tiap huruf yang diketikkan muncul satu persatu dengan sangat lambat. Jika kita akses menggunakan “mobile client”, mungkin tidak akan bermasalah. Tetapi bagi saya yang memiliki komputer dengan spek pas-pasan, sungguh merupakan suatu hal yang membuat tidak nyaman jika harus membuka halaman Twitter secara langsung. Jangankan untuk mengetik status update, untuk menggeser halaman saja sudah terasa berat. Jika anda mengalami masalah yang sama, maka solusinya adalah menggunakan “Twitter Client” atau aplikasi ringan yang bisa menghubungkan kita ke Twitter tanpa harus mengunjungi situs Twitter secara langsung.

Pada saat saya browsing untuk mencari tahu seputar Twitter Client yang cocok buat Windows, saya menemukan blog yang membahas 11 aplikasi yang bisa menghubungkan kita secara langsung dengan akun twitter kita. Tetapi saya tidak akan membahas semuanya, saya cukup membahas satu aplikasi yang telah saya coba sendiri, yaitu “Twhirl”. Jika anda ingin tahu semua aplikasi “twitter client” tadi, silahkan kunjungi . Untuk men-dowload salah satunya, sebaiknya anda juga kunjungi blog tadi. Untuk pengguna Firefox, mungkin anda bisa mencari plugin terkait. Sedangkan untuk pengguna Opera, anda juga bisa menambahkan widget terkait di situs pengembang Opera. Sedangkan saya akan membahas seputar tadi. Agar kita bisa menjalankan semua twitter client, disarankan untuk install dahulu Adobe Air. Sebab Twhirl yang akan saya bahas ini juga perlu dukungan software Adobe Air. Sedikit info saja, installer Adobe Air memiliki ukuran kurang lebih 11,5 MB dan anda bisa mengunduhnya secara gratis . Setelah Adobe Air terinstall, anda bisa mulai memasang aplikasi Twhirl. Berikut beberapa screenshot (tampilan) “twhirl”:

capture20

Pada gambar diatas, anda perlu masukkan sebuah username akun Twitter anda di kolom “Enter screen name”. Kemudian setelah anda ketikkan, klik pada username yang telah anda buat tadi pada kolom diatasnya. Maka tombol Connect, Forget Password dan Delete Account baru bisa difungsikan. Klik pada Connect, maka akan terbuka jendela untuk mengisikan “password” akun Twitter” milik anda, berikut tampilannya:

capture25

Setelah anda isikan password, tinggal klik “Login” maka proses loading akan berlangsung. Jika proses selesai, tampilan aplikasinya akan tampak seperti berikut:

capture17

capture18 capture19

Dan dibawah ini adalah tampilan pilihan pada settingan, diantaranya warna aplikasi, bahasa yang digunakan dll:

capture21 capture22

capture23

Anda tertarik? Paling tidak, salah satu aplikasi Twitter Client ini bisa membantu kesulitan kita ketika komputer kita mengalami kesulitan dalam membuka halaman twitter secara langsung di browser. Terutama bagi anda yang sering mengalami “Over Capacity”, dimana server twitter kewalahan dengan trafik tweets yang dilakukan pengguna twitter di seluruh dunia. Demikian ulasan saya kali ini, semoga menambah wawasan kita semua. Selamat mencoba!

Share this post :

0 comments:

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks