26 Oktober 2011

MENAMBAH PERINTAH MOVE TO PADA WINDOWS 7

Dulu, sewaktu saya mencoba menjalankan laptop dengan OS Windows Vista, ada hal yang membuat saya kurang nyaman pada perintah klik kanan pada OS tersebut, yaitu tidak adanya pilihan memindah file seperti halnya di Win XP. Dan hal tersebut ternyata tetap terjadi di Windows 7. Sebenarnya saya sangat yakin hal tersebut bisa diubah lewat registry dimana kita bisa menambah perintah "move" tadi. Tetapi karena keterbatasan sarana dan waktu, saya malas utak atik. Apalagi merubah registry lewat regedit sangat riskan dan rumit. Jadi saya ambil jalan pintas saja, yaitu tanya Mbah Gugel seputar registry tadi. Akhirnya saya pun menemukan artikel terkait. Dan berita baiknya adalah si penulis memberikan "copy" registry-nya untuk di-download, jadi tinggal extract file registry yang berupa file ZIP. Setelah saya ekstrak, ada 2 file, satu adalah registry string untuk perintah "Copy to folder.." sedangkan satunya registry "Move to folder..". Karena perintah"Copy" sebenarnya sudah ada, maka saya tinggal "double click" registry "Move to folder.." untuk menambahkan perintah tersebut pada klik kanan. Sekarang Windows 7 pada laptop yang saya gunakan kini memiliki perintah "Move to folder..". Dengan perintah "move" tadi, tentunya bisa menghemat waktu dan ruang hardisk. Apalagi jika file yang dipindah memiliki ukuran yang sangat besar. Jika tidak ada perintah "move" atau hanya "copy", capek deh! hehehe. Berikut tampilan hasil penambahan registry tadi :

opsi move to



Oh ya, si penulis tadi juga memberikan ulasan mengedit registry secara manual. Bagi yang ingin mencoba belajar meng-edit registry, silakan kunjungi blog terkait atau anda juga bisa mendownloadnya secara langsung "File registry" tersebut jika ingin lebih mudah. Tinggal download dan ekstrak file-nya. Double klik atau klik 2 kali pada file registrynya, akan muncul notifikasi semacam "apa anda yakin?" klik OK, maka pesan sukses akan muncul dan siap anda coba. Selamat mencoba,salam!

0 comments:

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks