24 Agustus 2009

CARA VERIFIKASI DAN BUAT SITEMAP

Untuk verifikasi blog anda, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan blog anda pada mesin pencari. Untuk daftar di Google klik disini dan ikuti petunjuk yang diberikan. Untuk daftar di Yahoo klik disini dan klik disini untuk daftar di MSN (Microsoft).
Sekarang saya asumsikan anda sudah mendaftarkan blog anda pada 3 Besar Mesin Pencari tersebut diatas. Untuk verifikasi di Google masuk ke Google Webmasters, kemudian login menggunakan username dan password gmail anda, klik “login” maka anda akan diantar ke “beranda” webmaster. Anda pastinya sudah melihat URL blog anda jika memang sudah terdaftar. Disebelah kanan URL blog anda ada tulisan “verifikasi situs ini”, klik kalimat tersebut dan selanjutnya anda bisa pilih 2 metode.
Metode pertama “verifikasi menggunakan meta tag” dan kedua “verifikasi menggunakan file HTML”. Pilih metode pertama yaitu,”verifikasi menggunakan meta tag” karena metode kedua hanya ditujukan untuk blog / websites yang memiliki domain diluar Google (biasanya yang menggunakan server FTP). Ketika anda klik metode “verifikasi dengan meta tag” anda akan diberikan kode / script html untuk di-copy.Copy dan simpan kode tadi di Notepad atau MS Word. Jika anda ingin segera verifikasi jangan tutup dulu halaman verifikasi tadi, anda cukup buka tab baru pada browser anda untuk menuju Dashboard Blogger milik anda. Setelah halaman dashboard terbuka, klik “Tata Letak” > klik “Edit HTML” dan masukkan kode verifikasi dari Google tadi. Letakkan setelah kode <head> dengan cara letakkan posisi kursor tepat sesudah kode <head> tekan “Enter” untuk buat paragraf baru dan tekan tombol spasi 4x pada keyboard agar kursor sejajar dengan kode dibawahnya kemudian klik kanan pada mouse dan pilih “paste”. Jika sudah, klik simpan template dan kembali buka halaman dashboard webmasters dan klik “verify”. Jika sudah benar, disamping URL anda muncul “tanda centang” dan tulisan “verified” berwarna hijau.Verifikasi ini bertujuan untuk menegaskan bahwa anda pemilik satu2-nya yang sah sesuai dengan URL yang anda daftarkan. Hal ini tentu akan berguna kelak jika anda ingin mendaftar ke Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan, sehingga pihak Google tahu kemana harus memberikan bayaran. Untuk contoh penempatan kode verifikasi tadi lihat contoh di bawah ini :
<head>
<meta content="NGecAc7TzAuiOP0kEZYIRPzkbxfswXVdVLAL2UXYOxk=" name="verify-v1"/>
<b:include data="blog" name="all-head-content"/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:skin><![CDATA[

Tulisan yang berwarna biru adalah contoh kode yang ditambahkan.

Untuk verifikasi di Yahoo caranya juga sama dan anda juga harus punya akun di Yahoo. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa pihak Yahoo memberikan kode yang kurang,sehingga menyebabkan template tidak bisa disimpan. Anda perlu menambahkan kode penutup seperti ini “/>” , jadi anda nanti akan mendapatkan kode yang kurang komplit seperti ini :

<META content="0441d4799fc8d4ec" name="y_key">

Maka anda perlu tambahkan tanda “slash” seperti contoh berikut :

<META content="0441d4799fc8d4ec" name="y_key"/>

Dimana tanda “slash” yang berwarna biru adalah tambahan yang berfungsi sebagai penutup,dimana setiap “script html” yang tidak ada kode penutupnya biasanya tidak bisa disimpan. Berdasarkan pengalaman, pihak Google Webmaster juga memberikan kode tanpa tanda “slash” tersebut, jadi pastikan anda tambahkan agar settingan bisa disimpan.

MEMBUAT SITEMAP

Sitemap adalah peta situs anda yang berfungsi untuk menjelaskan isi blog anda pada googlebot / atau robot pencari lainnya. Jadi perannya sangat penting. Namun dari hasil survei saya, banyak blogger pemula yang bingung gimana cara upload sitemap yang sudah dibuat. Perlu diketahui bahwa sitemap pada blogspot adalah feed blog anda. Feed blog anda bisa Atom 1.0 atau RSS 2.0 .
Jadi untuk menambahkan sitemap pada blogspot, anda tidak perlu membuat sitemap melalui “Sitemap Generator” atau upload. Anda langsung saja ke Google Webmasters > login > klik pada URL blog anda yang hendak ditambahkan sitemap. Selanjutnya klik pada “kirim peta situs” maka akan muncul kolom isian yang sudah dirangkai dengan alamat URL blog anda, seperti ini :

http://taman-merdeka.blogspot.com/ ……(
kolom isian)

Anda bisa isi dengan tambahan seperti ini :
1. Untuk versi Atom 1.0
Tambahkan kode berikut ke dalam kolom :
feeds/posts/default
Nanti jadinya seperti ini :
http://nama-blog.blogspot.com/feeds/posts/default
Tambahkan juga kedua url berikut sebagai pelengkap :
http://nama-blog.blogspot.com/atom.xml
http://nama-blog.blogspot.com/feeds/posts/default?redirect=false

2. Untuk versi RSS 2.0
Tambahkan kode berikut ke dalam kolom :
feeds/posts/default?alt=rss
Nanti jadinya seperti ini :
http://nama-blog.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

Berdasarkan pengalaman saya, feed default milik google adalah “atom 1.0”. Jadi saran saya, gunakan tambahan feeds/posts/default saja. Untuk proses review “sitemap”, anda harus bersabar dan rajin mengunjungi Google Webmasters untuk melihat hasilnya.
Jangan lupa untuk tambahkan juga di Yahoo. Lebih bagus lagi jika anda daftar di FeedBurner, dimana nanti anda mendapatkan alamat feed khusus yang nantinya juga bisa di”uangkan” dan anda juga bisa mendapatkan “script html” untuk ditambahkan sebagai "widget
" pada "Elemen Halaman". Untuk berkunjung ke FeedBurner, pergi ke dashboard blog anda dan klik pada “Pengaturan” > klik pada “Feed”. Pada halaman “Feed” tadi ada link yang mengantarkan anda ke alamat FeedBurner. (saran saya : buka link “FeedBurner” tadi pada tab baru pada browser anda). Sehingga ketika anda sudah mendapatkan alamat “feed” anda anda tinggal isi pada kolom isian di halaman “Feed”.
Sebenarnya masih ada lagi feed yang lain,contoh “feed buat comment” dlsb.Tetapi saya tidak akan bahas disini,jadi anda kunjungi Google Webmasters Help untuk info lebih lengkapnya.

9 comments:

Arif Nur Muhammad Ansori mengatakan...

Hy, gabung ke blog aku ya???

Nizam Zahman mengatakan...

Wah,ada jg yg mampir,terima kasih @Arif Nur,saya akan segera check....

Anonim mengatakan...

mas postingnya bagus sekali
makasih mas... mas ke bloq q ya+ajarin ngeblog yang bagus

ditunggu mas

Nizam Zahman mengatakan...

Saudara "author"@mekatronika,saya sudah mengunjungi blog anda dan saya lihat anda sudah memasang URL Blog saya di daftar bacaan anda.Terima kasih,saya juga ingin membuat kolom blog untuk sahabat seperti anda.Berhubung saya memakai template klasik yang agak susah peng-editannya dan memiliki koneksi internet yang pas2-an,saya harap anda bersabar.Tingkatkan terus kreatifitas anda dan coba cari lewat google untuk "free blog accessories",agar blog anda semakin bagus dan unik!

Anonim mengatakan...

mas... mau belajar banyak nih....
boleh minta ym nda....?
atau add ym saya jony.bago
makasih sblmnya...

Anonim mengatakan...

mas...
saya mau belajar banyak nih....

Nizam Zahman mengatakan...

Terima kasih sudi berkunjung.Saya akan konfirmasi request kamu..
Soal belajar blog, saya juga masih belajar, tapi saya akan bantu kamu sebisa mungkin.

Pyzo mengatakan...

Blogwalking om . .

Nizam Zahman mengatakan...

@Pyzo : makasih udah mampir, yang rajin blogwalkingnya...:-)

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks