06 Februari 2010

MEMBUAT BACKLINK

Apa itu backlink? Kalau setahu saya. Backlink adalah link yang menghubungkan web/blog yang satu dengan web/blog yang lain.Ada yang bilang backlink bisa menunjang performa blog di mata “search engine, apa itu benar? Bisa dibilang benar dan bisa dibilang tidak, karena backlink yang baik adalah backlink yang punya kualitas.Maksudnya? maksudnya adalah backlink yang menghubungkan blog kita dengan blog lain yang punya “pagerank tinggi” dan memiliki tema/topik yang sama.
Bagaimana cara membuat backlink tersebut? saya akan jelaskan cara yang pernah saya alami pada pengalaman saya pribadi.

Jika anda pernah “blogwalking” atau berkunjung ke blog lain lalu anda meninggalkan komentar disana, maka anda sudah mulai membuat backlink.Akan tetapi. Apakah anda mencantumkan nama profil anda atau mencantumkan “URL” blog anda? Jadi perlu diperhatikan juga mengenai hal ini.Untuk membuat backlink yang baik, sebaiknya anda mencantumkan URL blog anda dengan memilih “Open ID” atau “Name/URL”.Agar link tadi langsung menghubungkan blog tadi dengan blog anda secara langsung tanpa melalui “profil” anda.Jadi ketika nama anda yang tercantum diklik orang, akan menghubungkan langsung ke halaman blog anda.Jadi untuk mengisi URL-nya terserah anda, bisa isi URL beranda blog atau URL halaman pada blog anda yang memiliki topik yang sama dimana anda mencantumkan komentar.
Lalu apa jadinya jika kita berkomentar di blog yang punya “pagerank rendah”? mungkin hal ini akan berpengaruh pada turunnya pagerank kita sendiri, tapi itu hanyalah kemungkinan saja.Bagi saya pribadi tidak mempermasalahkan atau saya anggap untuk membangun sebuah komunitas antar blogger.Siapa tahu blog yang punya pagerank rendah tadi kelak akan mempunyai pagerank tinggi.Toh pada akhirnya blog kita memiliki backlink yang bagus pula.
Pengalaman yang lucu adalah saya sering menemukan blog yang terhubung ke blog saya lewat mesin pencari.Akan tetapi blog tadi tidak memiliki konten apapun kecuali link yang mengarah ke blog saya sendiri.Kalau masih dalam taraf belajar, mungkin masih dimaklumi.Tapi kalau tidak diapa-apain, apa maksudnya? Hal itu sudah sering saya temui dan saya tidak ambil pusing.
Anda juga bisa membuat backlink dengan cara lain, misal mendaftarkan URL blog anda ke “social bookmark” seperti Alexa, Digg, Technorati dll.Soal Digg, baca artikel terkait tentang “cara submit artikel ke digg”.
Membuat backlink bisa juga dengan tukar menukar link antar blogger.Tentu saja dengan saling memasang link di halaman blog masing-masing, entah lewat widget “daftar link” atau widget “blogroll”/ daftar bacaan.Dan masih banyak cara lainnya.
Demikian bahasan saya tentang “backlink”, tetap semangat dan terus berkarya!

3 comments:

Wido Aji WIbowo mengatakan...

setuju bosss

hidayat mengatakan...

berkunjung
http://hidayat-mtv.blogspot.com/

Nizam Zahman mengatakan...

Makasih @Hidayat, saya nanti sempatkan berkunjung ke blog anda

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks