04 Juni 2010

CHATTING DENGAN APLIKASI NIMBUZZ

Banyak sekali aplikasi chatting yang dibuat pengembang software di dunia maya. Nah, pada kali ini saya ingin membahas aplikasi chatting Nimbuzz buat Windows yang bisa merangkap akun yang kita miliki di beberapa layanan seperti Yahoo Messenger, Google Talk/Orkut, Facebook, AIM, MySpace, ICQ, GaduGadu, Hyves dan Windows Live Messenger. Dengan satu aplikasi ringan ini, maka kita bisa menambahkan akun-akun yang kita miliki di situs jejaring sosial tadi tanpa perlu membuka situs masing-masing atau pakai aplikasi yang lebih dari satu. Cukup dengan Nimbuzz, kita bisa chatting dengan teman atau kontak yang kita miliki. Pada awal instalasi (pemasangan), anda perlu tersambung ke internet (note : jika belum punya akun Nimbuzz) untuk registrasi. Berikut tampilan awalnya :

Aplikasi Nimbuzz PC

Klik pada tulisan “Saya tidak punya akun Nimbuzz”, tetapi bagi anda yang sudah memiliki akun di sana, anda bisa langsung isi Nama Pengguna dan Password yang anda miliki. Setelah klik tulisan tadi, nanti akan ditampilkan seperti berikut :

Aplikasi Nimbuzz

Pada jendela tampilan seperti diatas, anda perlu mengisikan data-data yang diperlukan untuk proses “registrasi”. Isikan nama pengguna yang anda kehendaki dan isikan password yang sama pada 2 kolom dibawahnya, kata sandi dan ulang kata sandi. Usahakan menggunakan kata sandi yang kuat agar tidak mudah di”hack” orang. Kata sandi yang kuat biasanya disarankan menggunakan penggunaan kombinasi huruf dan angka. Untuk huruf, pastikan menggunakan kombinasi antara huruf kecil dan besar karena kombinasi semacam ini juga termasuk sandi yang kuat. Jangan lupa pakai kombinasi angka, sebagai contoh : “Ar3kL3w0ng” yang diadaptasi dari tulisan arek lewong. Kalau perlu dibikin lebih panjang lagi. Untuk antisipasi bila lupa password, sebaiknya anda simpan catatan kecil, misal di Notepad atau dokumen Word dan simpan di tempat yang aman, misal di Flashdisk milik pribadi dsb. Jika proses registrasi telah selesai, jangan lupa buka email konfirmasi dari situs Nimbuzz. Di dalam email yang anda terima akan ada tulisan “click here”. Cukup klik dan anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Berikut tampilan jendela berikutnya :

Aplikasi Nimbuzz

Pada jendela seperti tampilan diatas, anda bisa mulai menyanbungkan akun anda satu persatu sesuai dengan yang anda miliki. Setiap akun yang anda miliki, anda perlu melakukan konfirmasi pada masing-masing layanan, dimana anda perlu memasukkan username dan password sesuai dengan akun yang anda tambahkan. Misal pada salah satu akun, anda cukup klik atau pilih yang anda ingin sambungkan :

clip_image004

Pada contoh gambar diatas, itu adalah contoh menambah akun di AIM. Setelah anda isi nama pengguna/email dan sandi, tinggal klik tombol “Sambung”, maka proses sinkronisasi akan berlangsung. Jika data yang anda masukkan benar, otomatis nama kontak yang anda miliki akan ditambahkan. Selanjutnya anda siap mulai chatting dengan kontak anda yang sedang online. Berikut tampilannya :

clip_image005

Pada aplikasi Nimbuzz, sebenarnya ada fitur untuk panggilan VoIP. Untuk panggilan VoIP gratis seperti pada aplikasi Yahoo Messenger v.8, v9 dan v.10. Tetapi ada lagi fitur NimbuzzOut yang bisa digunakan untuk panggilan ke luar negeri dengan biaya yang sangat murah. Tetapi seberapa murah, saya tidak tahu dan untuk hal tersebut, anda musti memiliki kredit terlebih dahulu. Tetapi saya tidak bisa cerita lebih jauh masalah pembelian pulsa tadi karena saya belum mencobanya. Info lebih lanjut, silahkan baca dan tanya-tanya disini.

Terus terang, jika ada yang tahu bahwa ada sebagian tulisan pada artikel ini yang saya edit dan ditambahi, hal tersebut karena artikel saya sempat di”protes” pengurus Nimbuzz Indonesia di Twitter . Katanya “sebaiknya cari info dulu”, padahal ide penulisan artikel ini spontan muncul sehabis download dan langsung install. Dan aplikasinya pun bukan tujuan yang saya cari, tetapi kebetulan lihat di BROTHERSOFT. Biasanya, saya membuat konsep postingan tidak secara spontan seperti ini. Lagian, meneketehe kalau komunitas Nimbuzz sudah sebesar ini. Karena dulu (kira-kira 9 tahun yg lalu) saya sempat atau pernah daftar di Nimbuzz dengan akun Gmail yang sekarang sudah saya hapus. Bahkan kala itu saya sempat chatting sebentar dengan admin Nimbuzz, entah orang mana pokoknya pakai “english” gitulah. Apalagi kala itu saya hanya pakai Motorola C380. Tetapi aplikasinya bekerja dengan baik, karena bisa menyatu dengan fungsi getar jika dapat pesan masuk. Justru waktu pakai Samsung SGH E250 yang notabene jauh lebih baru, bagus dan canggih, aplikasi Nimbuzz tidak bisa diistall karena ukuran yang tidak support. Maklum, Samsung SGH E250 hanya support file Java dengan ukuran dibawah 300 KB. Kalaupun ada yang berhasil terinstall, satu-satunya yang bisa adalah game java dengan judul “Gothic 3 The Beggining”, yang lain langsung gagal install atau ngadat. Kembali pada topik, untuk penggunaan panggilan, kedua belah pihak musti punya perangkat tambahan yang memadai seperti mikropon dan headset. Jadi nilai tambah dari aplikasi Nimbuzz sendiri adalah mampu merangkap berbagai akun dan yang terpenting adalah ukurannya yang cukup kecil sehingga ringan digunakan pada komputer. Kayaknya, sekarang Nimbuzz sudah bisa bersaing dengan Migg 33 dalam urusan komunitas nih!.  Demikian bahasan kali ini, semoga memberi inspirasi bagi anda yang ingin chatting secara praktis atau yang pakai komputer dengan spek pas-pasan.

Share this post :

4 comments:

la tahzan mengatakan...

Waw... Rupanya aplikasi2 macam Nimbuzz, mig33 juga punya versi PC nya ya? Baru tau ane. selama ini yg sy pake versi Hapenya saja...
Btw, ada masalahapa bro kok diprotes ama pengurus?

Nizam Zahman mengatakan...

@Yudi : ntu, soal VoIP.Kirain nggak bisa call kyk YM. Ternyata ada 2 jenis panggilan.

Unknown mengatakan...

Bukan memprotes. tp hanya membenarkan kesalahan :)

kasihan kan kalau pembaca mendapat info yg salah? :)

Btw, nice info utk pembaca. Thx sdh scara tdk lgsg membantu promosi Nimbuzz dan membantu pembaca utk mengetahui langkah2 menggunakan Nimbuzz Desktop ;)

Nizam Zahman mengatakan...

Waaaa..makasih buat @Meth, ternyata sudi berkunjung lagi. Gpp koq, emang musti diralat, tp koq q gk di invite di nimbuzz.
Apakah saudari gk mau bteman ma gue..just to be a friend gt!

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks