13 Juli 2010

CARA MEMPERBAIKI WINDOWS MEDIA PLAYER

Bagi anda yang pernah mengalami pengalaman seperti yang saya alami, dimana Windows Media Player tidak bisa dijalankan. Ketika dijalankan, muncul jendela pop up atau pesan notifikasi seperti berikut : “An internal application error has occured”. Kejadian ini saya alami ketika saya meng-unistall Windows Security Update dan Framework.Net v.4.0. Dan ketika saya ingin memutar sebuah file mp3, tiba-tiba Windows Media Player v.11 milik saya sudah tidak dapat digunakan dan muncul pesan seperti tadi. Untuk mengatasi hal tersebut, saya coba menghapus dan install ulang WMP bahkan “rollback” otomatis yang mengembalikan WMP saya ke v.10 pun tidak bisa memperbaikinya. Saya berkali-kali istall ulang installer versi 10, karena di forum-forum internet ada isu bahwa Windows Media Player memilki bug dan disarankan versi 10 saja, tetapi tetap saja masalah tidak teratasi. Untungnya di salah satu forum tersebut, saya menemukan jawaban yang “mungkin” bisa menyelesaikannya. Saya beri tanda kutip karena saya belum yakin akan tingkat keberhasilannya. Tetapi ternyata berhasil, berikut caranya :

Jika anda memiliki masalah yang sama dengan masalah saya diatas, lakukan cara berikut. Klik “Start” dan klik pada “Run..” dan isikan pada kolom dengan mengetikkan berikut :

regsvr32 jscript.dll lalu klik “OK”

Maka pesan “sukses” akan ditampilkan di layar komputer anda, berikutnya ketikkan berikut dengan cara yang sama :

regsvr32 vbscript.dll lalu klik “OK”

Pesan sukses juga akan muncul seperti sebelumnya. Untuk mencoba keberhasilannya, buka folder tempat anda menyimpan file mp3 dan buka dengan Windows Media Player atau langsung eksekusi ikon Windows Media Player yang anda miliki. Pastinya Windows Media Player sudah bisa digunakan seperti biasa. Demikian sedikit tips dari saya, semoga membantu anda yang memiliki masalah yang sama.

Share this post :

21 comments:

bossz mengatakan...

trima kasih atas infonya....

bossz mengatakan...

trima kasih atas infonya...

Nizam Zahman mengatakan...

Terima kasih juga kunjungannya @Bossz :)

Unknown mengatakan...

wah bener berhasil sukses makasih gan
ane dah mumet carinya neh sampai2 translate sana sini ga jadi2 eh tarnyata sgini mudah
makasih bgt gan

Unknown mengatakan...

windows media player ga bisa kebuka tulisan pesannya " windows media player encountered a problem while playing the file "..gimana caranya supaya bisa kebuka ya

Nizam Zahman mengatakan...

Buat Aya Kanaya : kalau merujuk pada postingan di situs Microsoft, kemungkinan ada masalah pada "audio driver" di komputer anda. Coba check audio driver pada device manager atau lihat settingan audio pada control panel.

Unknown mengatakan...

masalah yang saya alam sama dengan aya kanaya gan, tolong bantuin dong gan.

Unknown mengatakan...

buat aya kanaya, ternyata masalah yg anda alami hanya, karena komputer atau laptop anda terlalu lelah, coba di restart kom/lptp anda, WMP nya pasti berfungsi kmbali. :)

Unknown mengatakan...

Klo Saya Pas ikuti Langkah Yg Ini regsvr32 jscript.dll Keluar kata" seperti ini Gan "The Module"djcript.dll" was loaded but the call to DllRegisterServer Failed with Error code 0x80004005..
Itu MasalahNy Ap Yya.. Bisa Mohon di Bantu Gk Gan..

Nizam Zahman mengatakan...

@Tirta : Cara diatas adalah memperbaiki registry terhadap file "dll" yang sudah ada. Nah, sepertinya, file "dll" di kompi saudara tidak ada alias hilang. Jadi coba download aplikasi semacam DLL Fixer yang akan mencarikan file dll buat kompi saudara secara praktis. Coba cari yg gratisan, sebab biasanya aplikasi dll fixer termasuk aplikasi berbayar (tidak gratis)

Nizam Zahman mengatakan...

@Tirta : saya menemukan sebuah solusi di sebuah forum dengan cara berikut :

Download SubInACL.exe disini

Kemudian buka C:\Program Files\Windows Resource Kits\Tools , lalu buat sebuah notepad. Copy paste yg dibawah ini ke notepad tadi :

subinacl /subkeyreg HKEY_LOCAL_MACHINE /grant=administrators=f
subinacl /subkeyreg HKEY_CURRENT_USER /grant=administrators=f
subinacl /subkeyreg HKEY_CLASSES_ROOT /grant=administrators=f
subinacl /subdirectories %SystemDrive% /grant=administrators=f
subinacl /subkeyreg HKEY_LOCAL_MACHINE /grant=system=f
subinacl /subkeyreg HKEY_CURRENT_USER /grant=system=f
subinacl /subkeyreg HKEY_CLASSES_ROOT /grant=system=f
subinacl /subdirectories %SystemDrive% /grant=system=f

Kemudian save notepad tadi dg cara "Save as.." beri nama reset.cmd dan file type pastikan pilih all files supaya tidak menjadi file text. Setelah itu pastinya sebuah perintah reset akan muncul, jalankan!

Semoga setelah melakukan cara diatas, error segera teratasi.

Awan mengatakan...

ko tetep tgak bisa ya bos,malah da tulisan gini "Windows Media Player cannot play the file because there is a problem with your sound device. There may not be a sound device installed on your computer, it may be in use by another program, or it may not be functioning properly".
gie mna bos..?

Nizam Zahman mengatakan...

Buat Dini, coba cara berikut :
Kilk Start lalu klik Run kemudian ketik services.msc pada kolom isian, kemudian 'OK'
Scroll kebawah dan cari 'Windows Audio'
Klik kanan lalu pilih 'Properties' lalu klik tombol 'Start' kemudian klik "OK" dan tutup jendela "Services" tadi, selesai dan coba mainkan mp3-nya lagi.

Unknown mengatakan...

Klo Saya Pas ikuti Langkah Yg Ini regsvr32 jscript.dll Keluar kata" seperti ini Gan "The Module"djcript.dll" was loaded but the call to DllRegisterServer Failed with Error code 0x80004005..

padahal udah ngikutin cara caranya.,.

tolong solusinya

Nizam Zahman mengatakan...

@Ahmad Baihaqi :Apakah sudah coba cara seperti yg saya berikan untuk Tirta? lihat komentar diatas. Coba dulu cara tersebut, berhasil atau tidak tolong berikan komentar. Karena jika berhasil,maka akan menjadi petunjuk bagi saudara kita yang lain, saya tunggu hasilnya

Unknown mengatakan...

tetep tidak bisa,..,

Nizam Zahman mengatakan...

@Ahmad Baihaqi : Coba pastikan "command prompt" di kompi kamu aktif. Caranya, klik Start, lalu klik "Run.." dan isikan cmd pada kolom isisan lalu ok, apakah muncul jendela "Command Prompt"? dan bisa beritahu saya, OS pada kompi kamu apa? XP atau Win7/Vista?

Unknown mengatakan...

klo windows mp nya ga bisa di buka trus ga ada tulisan apa apaan gimana

Nizam Zahman mengatakan...

@Wahab drz : Sudah coba install ulang Windows Media Player-nya? :)

ShaSha Sharing mengatakan...

Gan, aku gak bisa nemuin folder "Windows Reseurce Kits"
aku nyoba mbuat folder baru eh malah gak bisa disave pas nyimpen notepadnya
ada masukan gak? help me dong

Nizam Zahman mengatakan...

@Anissa : maaf ya, kompi udah gk ada, jadi gk bisa prakteolk soal kasus di kompi. Lagian komennya beda ma artikel diatas, sempat binun ane hehehe, maaf ya gk bisa bantu. googling aja, good luck!

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks