18 Juni 2010

KEMULATOR LITE JAVA PLAYER

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas software emulator untuk memainkan game java (game handphone) di komputer menggunakan java player (mpp-sdk) bikinan mplayit.com. Pada artikel ini saya ingin berbagi info lagi tentang player yang lebih bagus lagi dari sebelumnya. Awalnya saya browsing lagi untuk mencari info tentang emulator java selain mpp-sdk. Ternyata ada yang lebih hebat dan rata-rata game bahkan aplikasi mobile seperti Opera Mini pun bisa dijalankan di komputer menggunakan emulator ini. Info emulator ini saya baca di darmawanku.com. Ternyata saya ketinggalan info, sebab postingan tersebut sudah di posting tahun lalu. Namun saya tetap ingin berbagi info tersebut, mungkin ada diantara pengunjung yang kebetulan mampir kesini dan belum tahu info tersebut, berikut ulasannya.

Untuk download emulator ini (Kemulator Lite), silahkan kunjungi situs darmawanku.com. Nanti akan ada 2 pilihan, yang ukuran kecil (2,6MB tanpa JRE) sedang satunya yang di bundle dengan JRE. Jika di komputer anda sudah terinstall JRE (Java Runtime Environment) maka anda cukup download yang tanpa JRE tadi. Sedang bagi yang belum install JRE, sebaiknya download yang plus JRE (16,4MB). Agar lebih jelas, saya akan coba tampilkan screenshot Kemulator dan penggunaannya. Setelah anda download, ekstrak dulu filenya pake Winrar atau IzArc atau sofware extractor lain yang anda miliki. Bagi yang belum install JRE, jalankan file tersebut untuk menginstallnya. Bagi yang sudah install JRE di komputer, tinggal jalankan file Kemulator, berikut contoh ikonnya :

capture3

Tapi jangan lupa, pilih yang bertuliskan “Executable Jar File”. Setelah anda jalankan, aplikasi akan ditampilkan seperti berikut :

capture5

Setelah jendela Kemulator terbuka seperti tampilan diatas, klik “Midlet” dan pilih “Load jar…”. Maka akan terbuka jendela untuk mencari folder tempat menyimpan file “Java”. Sebagai referensi, sekali lagi saya sarankan kepada anda. Jika anda ingin download game java, gunakan browser dan kunjungi vitalik.biz. Di vitalik.biz, anda bisa download game sepuasnya. Kembali pada topik bahasan, saya mencoba menjalankan game dengan judul Fishing Legend dengan resolusi 240x320 (buat Sony Ericsson). Berikut tampilannya :

capture9

Jika anda ingin menggunakan mouse sebagai kontrol game, cukup klik “View” dan klik “Keypad”, maka jendela keypad akan ditampilkan di samping jendela tampilan game. Berikut tampilannya :

capture7 capture8

Dengan tampilan keypad seperti diatas, memudahkan anda untuk meng-operasikan game sesuai perintah game yang anda jalankan menggunakan "mouse". Tetapi jika anda terbiasa menggunakan papan keyboard, anda bisa menggunakan kontrol seperti berikut pada tombol-tombol angka di keyboard bagian “Numlock” :

F1 – Left Soft Key

F2 – Right Soft Key

Tombol / - Untuk keypad #-+

Tombol * - Untuk keypad *.

Angka 7 – Untuk keypad 1

Angka 8 – Untuk keypad 2

Angka 9 – Untuk keypad 3

Angka 4 – Untuk keypad 4

Angka 6 – Untuk keypad 6

Angka 1 – Untuk keypad 7

Angka 2 – Untuk keypad 8

Angka 3 – Untuk keypad 9

Enter – Untuk keypad 5 dan OK pada D-pad

Tombol arah pada keyboard mewakili tombol arah pada D-pad.

Jika anda memiliki stik USB (kayak stick Play Station), anda juga bisa menggunakannya. Tetapi fungsi tombol pada USB Stick mungkin tergantung game yang anda mainkan. Karena saya tidak menemukan konfigurasi agar tombol USB Stick sesuai dengan yang diharapkan.

Tampilan game bisa diperbesar dan diperkecil sesuai keinginan dengan cara, klik “Tool” lalu pilih “Zoom In” untuk mengecilkan atau gunakan tombol “+” pada papan keyboard (ada pada bagian paling kanan keyboard anda). Untuk memperbesar, pilih “Zoom Out” atau tombol “-“ pada papan keyboard. Jika setelah diperbesar tampilan tampak kasar, anda bisa memperhalus tampilan dengan cara, klik “Tool” lalu pilih “Interpolation” kemudian pilih “High Quality”. Anda juga bisa merekam tampilan game sebagai video dengan format “avi”. Untuk merekam video atau menyimpan tampilan game sebagai video, klik “Tool” dan pilih “Start Record AVI” atau tombol “V” (shortcut) pada papan keyboard, maka nanti muncul jendela untuk memberi nama video anda dan letak folder untuk menyimpan hasil video. Folder default untuk menyimpan ada di sub folder dengan nama “Capture” di dalam main folder Kemulator. Setelah anda tentukan nama, klik “OK” dan muncul jendela pilihan untuk menentukan kualitas video yang nanti dihasilkan, berikut contoh pilihannya :

Pilihan rekam video

Saya sendiri mencoba merekam game yang saya mainkan dengan pilihan “Microsoft video 1”. Dengan pilihan yang ditetapkan, nanti ada “bar” untuk menentukan prosentase kualitas gambar, saya set pada “50”. Berikut tampilannya :

capture16

Jika anda klik “OK”, proses perekaman video akan berjalan dan untuk menghentikan proses merekam, klik “Tool” lalu pilih “Stop Record AVI” atau paling mudah, tekan tombol “B” pada keyboard anda. Untuk melihat hasil rekaman, anda bisa gunakan Windows Media Player atau software lain yang mendukung video dengan format AVI. Berikut contoh hasil rekam video dari KEmulator :

Video Hasil rekam KEmulator

Jika anda menggunakan Kemulator untuk membuka Opera Mini atau aplikasi mobile yang membutuhkan koneksi internet, anda bisa sambungkan dulu komputer anda ke internet menggunakan koneksi atau modem yang anda miliki. Jika komputer anda sudah tersambung ke internet, maka anda bisa mulai menjalankan Opera Mini lewat Kemulator, kemudian klik “Tool” dan pilih “Connect To Network”. Hal terakhir yang ingin saya sampaikan, masih ada fitur fitur yang susah dijelaskan. Dan perlu diingat, jika ingin tampilan game yang pas dengan jendela tampilan, gunakan game atau aplikasi dengan resolusi 240x320 atau yang multi screen. Kalau anda menggunakan game yang mendukung fitur “Rotate” atau memutar tampilan game dari vertikal menjadi horizontal, maka Kemulator bisa menyesuaikan dengan cara, klik “View” lalu pilih “Rotate 90°”. Jadi gunakan game-game yang cocok saja, karena pernah saya coba game 3D, komputer jadi lemot. Mungkin perlu dukungan hardware yang memadai juga. Demikian ulasan saya, selamat mencoba!

Share this post :

0 comments:

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks