06 Agustus 2010

TIPS MENGGUNAKAN TWITTER

Artikel ini kupersembahkan buat @micaniar yang lagi bingung cara main di Twitter dan bagi mereka yang ingin daftar atau yang sudah daftar, tetapi bingung harus mulai darimana. Untuk urusan daftar, seharusnya cukup mudah. Namun jika butuh panduan, silahkan simak langkah-langkah berikut :

capture26

Seperti yang terlihat pada gambar, masukkan nama anda di kolom pertama, entah nama asli atau nama samaran terserah anda. Pada kolom kedua, isikan username seperti yang anda kehendaki, cukup pastikan tanpa spasi. Misal, “UnyilKucing” (tanpa tanda petik) dimana nanti anda bisa memberitahukan halaman beranda sesuai dengan username anda. Seperti contoh yang saya berikan, maka URL halaman Twitter menjadi http://twitter.com/UnyilKucing. Setiap anda ketikkan username, Twitter akan otomatis mengecek ketersediaan nama yang anda ketikkan, tentu saja hal ini dimaksudkan agar tidak ada kesamaan nama pengguna yang nantinya membingungkan. Jadi berbeda dengan Facebook, dimana banyak sekali ditemukan akun dengan username yang sama, sehingga cukup membingungkan.

Selanjutnya anda bisa buat password untuk login nantinya. Saya sarankan gunakan kombinasi antara huruf kecil, huruf besar, angka dan tanda baca. Hal tersebut untuk menghindari akun anda di”hack” oleh orang lain. Sebab jika dirasa akun anda cukup populer, tentu dianggap menguntungkan jika seorang hacker bisa memiliki akun anda, entah untuk penipuan atau hal lainnya. Password yang anda gunakan, saya sarankan minimal 10 karakter. Semakin panjang password yang anda gunakan, maka akan semakin aman. Twitter akan otomatis memberikan keterangan seberapa kuat password yang anda gunakan. Agar kelak tidak lupa password tersebut, sebaiknya anda simpan di notepad, atau jika menggunakan telepon seluluer, sebaiknya buat catatan di buku pribadi semacam “diary”. Bagi yang menggunakan komputer, simpan lewat notepad lalu taruh di flashdisk pribadi. Yang penting adalah jangan sampai anda meminjamkan flasdisk tadi atau menaruh sembarangan atau bahkan jatuh di jalan lalu ditemukan orang lain. Kalau yang anda gunakan adalah komputer pribadi, sebaiknya simpan saja di komputer, kalau perlu di”hidden” alias disembunyikan. Jika yang menggunakan komputer adalah anda seorang, gunakan bantuan “save password” yang biasanya ditawarkan browser yang anda gunakan (baca artikel terkait)

Selanjutnya adalah pengisian alamat email. Untuk email, selama tidak terjadi gangguan, mungkin anda bisa gunakan email apa saja yang anda miliki. Akan tetapi jika anda daftar menggunakan handphone, maka saya sarankan anda menggunakan Gmail. Karena Gmail adalah layanan email paling ramah untuk akses link aktivasi atau link verifikasi yang diberikan. Jika anda menggunakan Opera Mini, anda cukup merubah tampilan email ke tampilan “standart” atau HTML. Apapun alamat email yang anda gunakan, nantinya digunakan oleh pihak Twitter untuk mengirim email berisi “link verifikasi” untuk mengaktifkan akun Twitter anda. Jika tidak ada di “inbox”, maka jangan lupa cari di folder “spam”. Setelah anda isi alamat email, anda bisa klik “Create My Account”.

Setelah semua selesai, silahkan akses email anda sesuai dengan alamat email yang anda gunakan tadi. Buka email yang diberikan pihak Twitter, dan klik link yang diberikan untuk mengantarkan anda ke halaman Twitter lagi. Jika diperlukan username dan password lagi, cukup masukkan keduanya sesuai dengan yang anda gunakan. Untuk mengisi username, ada 2 pilihan, yaitu email yang anda gunakan untuk mendaftar atau username milik anda. Seharusnya pada langkah berikutnya, anda sipa menggunakan akun Twitter anda.

Untuk memulai sebuah percakapan di Twitter, anda perlu teman bicara. Karena dimanapun tempatnya, tanpa teman bicara, tidak akan terjadi sebuah percakapan. Kalau ada yang bicara sendiri tanpa teman, mungkin orang tersebut s****ng (he he he). Nah, untuk urusan tersebut, anda membutuhkan follower. Sebenarnya di Twitter, tanpa saling follow pun anda bisa bisa berbicara kepada orang lain dengan cara “mention” alias menyebut username seseorang diikuti kalimat anda, misal “@micaniar halo, gimana kabarnya?”. Tetapi hal tersebut tentu sangat susah, karena tidak semua pengguna akan melihat tweet anda jika tidak saling follow. Tweet anda tadi hanya diketahui jika orang yang anda mention (sebutkan) mengecek halaman “mention” tadi. Nah, untuk memperoleh teman bahkan saling follow, anda bisa mulai melakukan pencarian lewat kolom “trending topic”. Ketikkan “Follow back” pada kolom cari tadi, biasanya nanti akan ditampilkan akun para user yang memberikan jaminan follow balik. Atau ketikkan “Team Follow back” juga bagus, hasilnya dahsyat lho! Hanya saja, jika anda menginginkan teman dari Indonesia saja, maka mungkin agak susah. Karena rata-rata user di Indonesia pelit banget untuk follow back. Tetapi tidak semua begitu, cukup lihat pada akun orang tersebut, berapa nilai following dan berapa nilai follower. Jika angka following dan follower berimbang, kemungkinan besar orang tersebut akan mau memberikan “follow back” tadi. Kalau angka following jauh lebih kecil dibanding angka follower, bisa dipastikan susah untuk mengharapkan follow back dari orang tersebut. Untuk memastikan follow back, mention orang yang anda follow dan berikan pesan “Follow balik, please” atau kata-kata lainnya.

Lain halnya jika anda mengharapkan follower tanpa memperdulikan dari negara mana, anda bisa ketikkan topik #teamfollowback dan follow salah satu diantara mereka. Kalau perlu, anda retweet (tweet ulang) tweet orang yang mengaku “team follow back” tadi. Biasanya orang tersebut akan tahu bahwa anda telah melakukan “retweet” dan sebagai imbalannya, mungkin orang tadi akan follow anda bahkan mempromosikan akun anda agar di-follow orang lain atau istilahnya “Shoot Out”. Hal ini telah terbukti ketika saya mulai follow @, dalam sekejap saya mendapatkan follower yang bejibun. Sungguh sangat mengagumkan karena sebelum saya mengikuti akun tersebut, susah banget rasanya saya mendapatkan follower. Paling-paling, yang bisa saya lakukan adalah mencoba follow seseorang dan jika tidak di-follow back dalam sehari atau 2 hari, maka saya putuskan “unfollow” orang tersebut. Bahkan ada yang sengaja mempermainkan, ada 2 akun yang follow saya maka saya follow balik akun follower tadi. Tanpa saya sadari, akun tadi melakukan “unfollow” terhadap akun saya. Ketika saya tahu, saya juga melakukan hal yang sama, gantian “unfollow”. Anehnya, mereka lagi-lagi follow saya sekali lagi. Saya anggap hal tersebut cukup menjengkelkan, maka saya putuskan memberikan “block” terhadap akun mereka, sehingga tidak ada kesempatan buat mereka untuk “mengganggu” saya lagi.

Untuk mendapatkan teman dengan cara lain, anda bisa mengundang lewat akun email anda, dimana anda perlu memberikan ijin kepada Twitter untuk mengakses halaman kontak email yang anda isikan. Setelah anda isikan alamat email anda, maka Twitter akan mencatat setiap alamat email pada kontak milik anda dan otomatis mencarikan akun yang menggunakan email sesuai dengan alamat kontak yang anda berikan. Dengan cara tersebut, anda bisa bertemu dengan teman-teman sesuai dengan alamat email yang anda miliki di kontak email anda.

Berikut beberapa nama akun yang mungkin perlu anda follow sesuai kebutuhan dan kesukaan anda :

@Noriez : ini adalah teman saya yang masih memungkinkan diajak ngobrol dan pastinya mau memberikan follow back kepada anda. Kadang dia memberikan berita seputar internet dan apa saja yang menarik untuk didengar dan dibaca.

@KertiyasaKomang : Teman dari bali yang suka update berita olahraga, politik dan lain sebagainya.

@MeuthiaKhairani : Teman dari Jakarta yang suka dengan Warkop D.K.I

@hanaamasivers : Teman dari Padang yang nge-fans dengan band D’Massive

@Detikcomnews : Anda bisa follow akun dari detik.com ini untuk mendapatkan update berita terbaru.

Sebenarnya masih banyal lagi, cukup anda ketikkan sebuah nama di kolom cari untuk memulai pencarian sebuah akun, entah layanan berita atau acara televisi. Jika anda mencari akun artis, jangan harap akan mendapat follow back. Anda cukup berikan “mention” jika sang artis tadi melontarkan sebuah pertanyaan atau sebuah pendapat yang membutuhkan tanggapan dari penggemar.

Berikut beberapa tampilan yang mungkin bisa sedikit memberikan penjelasan tentang fitur-fitur di Twitter :

capture1

Pada gambar diatas, anda bisa melihat beberapa ikon dengan penjelasan sebagai berikut :

@ = Untuk me-reply tweet seseorang (mention), dimana reply anda akan ditampilkan di “public timeline” atau bisa dilihat orang lain, termasuk orang yang anda “mention”.

Ikon amplop = Untuk mengirim pesan, fitur ini tidak akan muncul di suatu akun jika orang yang hendak anda kirimi pesan tidak mem-follow anda. Begitu juga sebaliknya dan pesan tidak akan ditampilkan di publik timeline alias bersifat pribadi diantara 2 pihak saja.

Unfollow = untuk tidak mengikuti sebuah akun jika akun tadi tidak melakukan follow terhadap akun anda.

Block = berfungsi untuk memblokir akses seseorang jika anda menganggap akun orang tersebut bersifat mengganggu anda.

Report for spam = Untuk melaporkan akun-akun yang menurut anda melanggar aturan penggunaan akun di Twitter. Namun hal ini jarang terjadi.

capture3

Gambar diatas adalah daftar pengelompokan (list) yang saya buat untuk mengelompokkan beberapa akun berdasarkan jenis akun dari masing-masing akun. Anda pun bisa membuatnya jika ingin mempermudaah melihat update teman-teman dengan mengelompokkan akun teman anda lewat list khusus yang anda buat. Perlu saya ingatkan, jangan sekali-kali anda mengikuti sebuah situs yang menjanjikan 100 follower dalam sehari dan sebagainya. Karena pada kenyataanya, untuk mendapatkan follower tadi, anda perlu merogoh kocek. Banyak sekali yang terjebak layanan seperti itu, dimana situs yang anda ikuti mempunyai akses ke akun anda, sehingga otomatis angka “Following” terus bertambah tetapi angka “Follower” tidak bertambah sedikitpun. Bahkan aksi situs tersebut kadang tidak bisa dihentikan walaupun anda sudah menyatakan berhenti. Artinya, anda dengan sengaja memberikan akun anda untuk di-hack oleh situs tadi. Demikian tips dari saya, semoga membuat anda tidak bingung ketika mencoba mengakses Twitter.

Share this post :

0 comments:

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks