advertising yang bisa terhubung langsung dengan Twitter maupun yang
tidak. Contoh pertama adalah MyLikes, dimana kita bisa langsung daftar
dan sign in menggunakan akun Twitter yang kita miliki, begitu juga
dengan Sponsored Tweets. Dari segi kemudahan, Sponsored Tweets lebih
mudah menghasilkan daripada MyLikes karena "click" yang ditentukan
tidak terbatas dari satu negara saja. Beda dengan MyLikes, dimana para
advertiser selalu menetapkan click yang "valid" harus dari United
States (Amerika). Dan repotnya, campaign per tweet di MyLikes
tergantung popularitas iklan yang berhasil kita kumpulkan dari jumlah
klik yang kita dapatkan. Jika anda pernah daftar disana, anda bisa
lihat "score" anda yang nantinya berpengaruh pada Cost Per Click (CPC)
untuk akun kita. Semakin sering kita dapat "click" maka score kita
akan bertambah besar yang nantinya mempengaruhi harga per klik pada
akun kita. Beda dengan Sponsored Tweets, dimana kita bisa menentukan
harga sesuka kita, tetapi tetap ada anjuran harga yang ditetapkan.
Besarnya harga yang dianjurkan (recommended) kemungkinan tergantung
jumlah follower yang kita miliki. Semakin banyak follower kita,
semakin tinggi CPC yang dianjurkan. Jadi untuk mereka yang baru daftar
dan masih memiliki sedikit follower, sebaiknya pintar2 menentukan
harga per klik, misal 10 cents atau 0,10 dollar. Sebab para advertiser
(pemasang iklan) juga butuh dagangannya cepat laku. Jika seandainya
kita memasang CPC sebesar 1 dollar, pastinya dianggap mahal dan
terlalu beresiko rugi bagi pemasang iklan. Karena setiap pemasang
iklan yang langsung memberikan tawaran kepada kita, akan tetap
membayar kita walaupun tidak ada klik yang dihasilkan. Lain halnya
jika kita yang ambil iklan yang ada atas kemauan kita sendiri tanpa
lewat penawaran, maka kita hanya dibayar per klik yang kita dapat.
Selain 2 layanan tadi, ada lagi layanan yang bisa terhubung ke
Twitter, namun kita perlu bikin akun tersendiri. Jadi kalau kita
mendaftar, maka kita perlu membuat username dan password tersendiri.
Hasil yang didapat terus terang lebih kecil dibanding dengan 2 layanan
diatas, namun cukup fleksibel dan mengedepankan etika cara beriklan di
Twitter. Etika yang saya maksud adalah tweet milik kita tidak boleh
sepenuhnya berisi iklan. Jadi kita harus aktif di Twitter, entah
dengan selingan perbincangan dengan teman atau update sesuatu, yang
penting tidak melulu berisi iklan. Sebab kalau tiap tweet milik kita
berisi iklan semua, maka pihak situs tidak akan mengijinkan iklannya
ditampilkan. Tentang fleksibilitas yang saya maksud adalah situs ini
memberikan cara menghasilkan dollar lewat Pay Per Click dan Shortening
URL. Sehingga kita bisa menghasilkan dollar dengan berbagai cara, baik
di Twitter maupun diluar Twitter. Fitur lainnya adalah jika kita punya
akun twitter lebih dari 1, maka kita bisa gunakan semua akun twitter
yang kita miliki, misal 2 akun sekaligus. Sehingga peluang mendapatkan
click menjadi lebih baik lagi. Namun kita tidak dijinkan merubah isi
iklan, kecuali yang shortening URL. Harga per click juga tergantung
pemasang iklan, tetapi pada umumnya 0,050 dollar atau 5 cents. Lebih
kecil dibanding dg 2 layanan sebelumnya, tapi situs ini sangat cocok
buat mereka yang tidak atau kurang bisa berbahasa inggris, karena
tidak perlu merangkai kalimat sendiri alias tinggal pilih iklan dan
pilih akun twitter dan klik tombol "Generate Ad", maka iklan otomatis
akan ditampilkan di akun twitter kita. Dan ada satu lagi, iklan yang
disediakan mirip di MyLikes, dimana ada ketentuan klik yang dihasilkan
harus dari negara tertentu, hanya saja disini tidak terbatas dari
United State atau Amerika, melainkan ada yang khusus dari Spanyol,
Inggris dll.
Bagi yang ingin mencoba, silahkan daftar di http://bit.ly/9fX23W .
Jika anda mengerti tata bahasa inggris atau punya sedikit kemampuan
atau bahkan pintar bahasa inggris, sebaiknya daftar di
Sponsored Tweet. Untuk daftar di MyLikes.com,
sebaiknya anda pastikan follower anda mayoritas dari Amerika.
Terakhir adalah tentang etika beriklan di Twitter. Di Sponsored Tweet,
etika yang dipakai adalah penggunaan "disclosure" alias embel2
keterangan iklan, misal : sponsored, brought to you by, Ad: dll.
Tetapi tidak peduli kalaupun tweet milik anda adalah iklan semua,
begitu juga dengan MyLikes. Tetapi MyLikes kadang menggunakan
"disclosure" kadang tidak dan tweet iklan otomatis ditampilkan
berulang kali per hari. Sedangkan di Sponsored Tweet, iklan yang akan
ditampilkan kembali hanya dari penawaran langsung atau permintaan dari
advertiser dan isi tweet tidak boleh sama atau harus diedit. Jadi tiap
layanan memiliki etika tersendiri.
Namun etika secara umum, sebaiknya kita aktif di Twitter atau memang
jangan sampai akun kita melulu berisi iklan. Hal tersebut adakalanya
membuat tidak nyaman beberapa follower kita. Mungkin tidak masalah
jika iklan yang kita tampilkan memiliki jeda waktu. Jeda waktu yang
disarankan adalah 2 jam per iklan, sehingga kita tidak dianggap
melakukan "spamming". Penggunaan "disclosure" juga perlu, agar kita
tidak terkesan mengelabui user lain dan agar tahu bahwa tweet tersebut
memang iklan. Sehingga user yang melakukan klik sadar betul bahwa itu
adalah iklan. Demikian sharing kali ini, semoga berguna. Salam!
2 comments:
Di mylikes banyak sekali aturannya. Kita hanya boleh mempunyai satu akun Twitter saja, kalau kedapatan punya banyak akun pasti di banned. Tambahan lagi jumlah follower paling sedikit 200 orang dan jumlah follower harus lebih banyak dari orang yang kita follow. Disamping itu, kita hanya dapat jatah satu twett untuk satu hari. Terima kasih.
Makasih atas masukannya,ya memang perlu diralat bahwa per hari cuma 1 tweet per iklan,tapi tidak masalah melakukan tweet iklan yg berbeda dalam waktu yg sama
Posting Komentar