24 Januari 2010

TENTANG HAIER C700

haier c700.jpg
Mungkin ada diantara anda yang ingin menggunakan modem handphone tapi bingung milih handphone yang mana yang sekiranya tepat.Atau anda sudah mengetahui tentang handphone CDMA merk Haier C700 tetapi anda masih ragu untuk membelinya.Disini saya akan membahas pengalaman selama saya menggunakan handphone CDMA Haier C700.Sebelumnya, saya akan membeberkan spesifikasi handphone Haier C700 tersebut.



SPESIFIKASI HAIER C700 :
Frekuensi : CDMA 1900 MHz
Dimensi : 104 mm x 44 mm x 13 mm
Berat : 85 gram
Layar : 1,8 inch ; 65.000 warna ; 128x160 pixel
Fitur : CDMA 1X modem
Wap 2.0
Opera Mini
Brew 3.1.5
Slot Micro SD
Mp3 player
32 nada polyphonic
500 kontak alamat
Alarm, kalkulator, stopwatch, game
Blacklist Number
File uploader
SMS Terjadwal
File gambar yang didukung JPEG & BMP
( Disertakan kabel data, CD Driver & headset stereo )

Selanjutnya saya akan menjelaskan hal-hal yang mungkin tidak dijelaskan mengenai fitur-fitur yang ditawarkan.

1.MP3 PLAYER.
Terus terang dengan harga 400 ribu jangan berharap Mp3 player seperti handphone bermerk macam Nokia, Sony atau lainnya. Yang ada adalah Mp3 player dengan single playlist yang hanya memuat 50 lagu saja dengan pengaturan : putar semua, putar ulang ( untuk 1 lagu saja ) dan bisa diputar sebagai background dengan catatan : lagu akan berhenti jika kita membuka “File Manager” dan Opera Mini pada menu Web. Namun musik masih bisa diputar jika menggunakan “Native Opera Mini” pada menu “Brew”. Untuk membuat playlist, masuk ke menu “MP3”, tekan “option” kemudian pilih “add to list”/tekan keypad no.1 maka otomatis akan menampilkan folder telepon dan kartu memori. Pilih kartu memori, trus pilih “audio” dan jika telah muncul daftar lagu-lagu yang tersimpan, beri tanda centang pada kolom-kolom disamping judul lagu atau jika tidak ingin repot klik “option” dan pilih “select all”, otomatis semua lagu akan dicentang. Namun sekali lagi saya ingatkan, playlist hanya memuat 50 lagu saja. Untuk memainkan musik sambil browsing atau baca sms atau main game, cukup buka menu "Player MP3" lalu tekan softkey kiri (pilihan) lalu pilih "2.Daftar" kemudian tekan tombol pilihan lagi, lalu pilih "5.Putar Semua" dan tekan tombol "End" (untuk mengakhiri panggilan). Suara yang dihasilkan dari speaker sedang-sedang saja atau bisa dibilang lumayan agak kencang. Bila didengarkan via headset, efek bass juga tidak ada atau suaranya datar saja tetapi masih memiliki efek stereo dan tentu tergantung file lagu itu sendiri. Untuk mengontrol playernya dengan memilih ikon-ikon yang ditampilkan dengan cara geser kursor kiri-kanan,sedang fungsi keypad keatas dan ke bawah untuk mengganti lagu atau memilih lagu sebelum dan berikutnya pada mode “playlist”.

2.SLOT MICRO SD.
Haier C700 menggunakan slot micro SD karena tidak memiliki memori internal yang memadai untuk penyimpanan file, karena memori internal handphone tersebut cuma sekitar 1 MB (keluaran awal) sedangkan produk yang terbaru sudah di-upgrade dengan memori internal sebesar 5MB. Haier C700 Mampu dijejali Micro SD hingga 2 GB, namun memiliki kesan agak bikin lemot, jadi sebaiknya cukup dipasang 1 GB saja. Jika anda download sebuah file, entah gambar atau lainnya, pastikan langsung ditaru di kartu memori. Karena jika file anda masukkan memori telepon, maka file tersebut tidak akan anda temukan pada folder telepon (ikut system handphone). Jika anda melakukan kesalahan menaruh file pada memori telepon, dipastikan file tersebut tidak bisa dihapus dan akan mengurangi memori telepon.

3.BROWSER.
Pada menu browser anda akan menjumpai 2 sub-menu, pertama : WAP dan kedua : Opera Mini. Untuk pengguna di luar Jabotabek, pastikan gunakan settingan WAP yang sesuai agar menu WAP bisa digunakan. Tetapi kemampuan browser WAP-nya sangat terbatas dan tampilannya menyedihkan. Untuk akses halaman HTML, XHTML maupun WML, praktis mengandalkan Opera Mini.Jika anda ingin browsing sambil mendengarkan lagu atau sambil memutar MP3, sebaiknya anda gunakan Native Opera Mini pada menu “BREW”. Fitur yang mengagumkan dari browser Opera Mini di HAIER C700 adalah kemampuan untuk upload file yang tersimpan baik di memori telepon ataupun Micro SD. Padahal pada handphone yang lebih mahal sedikit dari HAIER C700 jarang sekali kita jumpai fitur semacam ini. Saya sendiri sudah berhasil upload foto ke akun Facebook, Twitter dan situs lainnya menggunakan handphone ini. Tetapi kemampuan ini tidak akan berlaku pada situs-situs semacam Web Picasa, Photobucket dan semacamnya karena situs semacam itu tidak mengijinkan handphone untuk mengakses versi “web”nya, sehingga tiap kali kitamencoba membuka URL versi WEB pasti akan tetap ditampilkan versi mobile-nya saja. Belakangan ini hal itu juga diterapkan pada Yahoo Mail.
( Tips : jika browser "Opera Mini" tidak bisa koneksi atau bertuliskan "Conection Error" cukup "restart" handphone anda, matikan lalu hidupkan kembali )

4.NADA DERING.
Untuk nada dering panggilan, pengguna bisa menggunakan file mp3 baik yang tersimpan di memori telpon maupun kartu memori ( Micro SD ).Hal yang sama juga bisa diterapkan pada nada dering “alarm”.Sedang nada SMS menggunakan nada baku berupa poliponik yang jumlahnya 10 nada dan tidak bisa menggunakan nada dering tambahan.Untuk pengaturan nada, anda bisa mengaturnya pada menu “profile” yang didalamnya ada 4 kategori profile, yaitu : General, Meeting, Outdoor dan Indoor.Pada setiap profile anda bisa mengatur nada yang diinginkan dan mengatur volume suara.

5.PESAN SINGKAT
Fitur perpesanan secara langsung yang dimiliki handphone ini hanyalah SMS saja yang memuat 160 karakter per pesan.Metode penulisan text terkesan menyusahkan, apalagi jika hendak menuliskan angka dan tanda baca.Fitur yang menarik dari handphone ini adalah adanya kemampuan mengirim SMS yang bisa kita jadwal waktu pengirimannya.Ini merupakan nilai lebih dimana kita bisa mengirimkan SMS ( misal : ucapan selamat ulang tahun ) kepada seseorang yang akan terkirim otomatis pada tanggal dan jam yang ditentukan.

6.PENGATURAN TELEPON
Pada menu pengaturan telepon, terdapat 6 sub-menu. Menu pertama berisi pengaturan bahasa yang hanya ada 2 pilihan bahasa, yaitu : English dan Indonesia. Kemudian pengaturan “Pesan Penyambut” yang tampil pada saat kita menyalakan handphone. Selanjut pengaturan “Speed Dial” untuk panggilan cepat, Tombol Navigasi ( shortcut ) untuk tombol 4 arah atau D-Pad, Tombol Pintas untuk mengatur shortcut tambahan dan terakhir pengaturan “Mode USB Disk” atau biasa dikenal dengan “Mass Storage”. Jika fitur ini diaktifkan, maka handphone berfungsi layaknya “Flashdisk”. Pada pengaturan kedua berisi pengaturan wallpaper, pengaturan lampu latar dan pengaturan kontras LCD. Sedikit tambahan, gambar yang bisa digunakan sebagai wallpaper hanyalah gambar dengan format JPEG dan BMP. Akan tetapi untuk mendapatkan tampilan layar yang sempurna dan halus, sebaiknya gunakan gambar dalam format “BMP” karena gambar dengan format BMP memiliki kepadatan pixel yang rapat. Lain halnya jika menggunakan file JPEG, tampilan tampak kurang halus dan terkesan gambarnya jadi kasar. Ukuran pixel yang digunakan harus 128x160 pixel, selain ukuran tersebut, gambar tidak bisa tampil fit to screen. Misal gambar dengan pixel 176x220 akan tampak pojok kanan bawah saja dan melebar, sehingga bagian atas gambar tidak tampak. Pengaturan ketiga berisi pengaturan panggilan tunggu, pengalihan panggilan, pengingat menit, nada notifikasi sambungan panggilan, panggilan IP, blacklist dan panggilan darurat. Untuk Panggilan IP saya belum paham fungsinya, sedang blacklist bisa kita gunakan untuk memblokir nomor-nomor yang tidak kita inginkan untuk melakukan panggilan ke nomor kita. Dengan fitur “blacklist" ini, kita bisa menghindari ganguan misscall atau orang yang usil selama kita mengetahui nomor yang dipakai pengganggu tersebut. Pengaturan berikutnya adalah pengaturan keamanan yang berisi pengaturan PIN Kartu Sim, kunci telepon, kunci tombol, kunci riwayat panggilan, kunci buku telepon, kunci pesan dan pengaturan kata sandi telepon.Pengaturan terakhir adalah pengaturan untuk mengembalikan settingan awal telepon, sedang menu “hard reset” di handphone ini tidak tersedia.

7.FITUR BREW.
Fitur “BREW” sebenarnya hampir mirip dengan aplikasi “JAVA” pada handphone GSM. Hanya saja, kurangnya dukungan aplikasi yang tersedia membuat fitur ini sia-sia. Pernah saya coba download dari penyedia aplikasi BREW berupa “Rocket Browser” versi trial, tidak bisa berfungsi dengan benar.

8.HIBURAN.
Sarana hiburan pada handphone HAIER C700 ini hanyalah mp3 dan 2 buah game.Game yang ada adalah game paten yang tidak bisa ditambah game lagi. Dua buah game tadi yaitu, “Snake” ( permainan ular ) dan “Russian Block” atau yang biasa kita kenal dengan nama “TETRIS”.

Daya tarik sesungguhnya pada handphone ini adalah paket kartu dari Smart Telecom, dimana Smart Telecom memberikan akses data “Unlimited” selama 3 bulan. Walaupun dikatakan “unlimited", pada dasarnya tetap ada kuota yang ditetapkan. Dan kuota yang diberikan kira-kira sebesar 1072832000KB yang berarti 1000 GB lebih walaupun angka pastinya saya tidak bisa memastikan karena waktu cek kuota yang saya pakai, sudah terlanjur berkurang untuk pemakaian sebelumnya. Kalau anda tertarik, sebaiknya buruan beli mumpung promo belum berakhir.
Tips = Jika anda bingung memilih antara Haier C700 dan ZTE C261, maka saran saya adalah pilih Haier C700 saja mengingat mempunyai baterei yang tangguh dan tidak mudah panas.Sedang ZTE mungkin punya tampilan fisik lebih bagus tetapi berdasarkan pengalaman teman yang menggunakan ZTE, hp-nya cepat panas dan saking panasnya sampai tidak nyaman jika nempel pada telinga ( waktu melakukan panggilan ).

5 comments:

Rif | web mengatakan...

Manteb infonya Sob. Terimakasih ya,krna qu juga pke smart. Tapi yang paling nyebelin klw conektion lgi bner2 eror. Di telpn ke oprator alasanya ada pembetulan jaringan. maklum qu pke 3rb unlimited /hari.

Nizam Zahman mengatakan...

yah, namanya jg yg paling murah, daripada gk bisa online..he he he..

Castle mengatakan...

saya juga pake smart Haier C700.cuma masalahnya sekarang hape saya ini sering mati sendiri kalo dibuat modem.tulisan yang muncul "Data Error"dengan layar tinggal separuh lalu muncul tulisan "Press # to enter download mode".cara ngatasinnya gimana ya?klo terpaksa hard reset,gimana ya caranya hard reset coz dah saya bawa ke service centernya tapi kayaknya gx direset coz data saya masih utuh

Nizam Zahman mengatakan...

@inspirasi : kayaknya, anda yg nanya di Y!A deh. Ma'af mas, kode resetnya sampai saat ini gk ada yg tau.
Andai saya tau, mungkin udah saya tulis disini. Apalagi, milik saya keluaran awal, dimana memori internal cuma 1 mb.
Terlanjur terisi file exe dan gk bisa dihapus. Sebaiknya anda ikuti instruksi, tekan pagar saja. Nanti biasanya gk bisa dinyalakan.
Nah, langsung cabut aja batereinya. Coba anda gunakan modem tanpa pakai baterei alias dilepas, bisa koq. Apakah masih spt tadi, coba dulu deh!

ΨЋ1tΣ _ЋλςЌΣЯ™ mengatakan...

Kalau internet~an pakai smart, lebih baik komputer dan browser(lbh baik pakai mozilla), di tweak dulu.
seperti update windows harus d matiin dulu, tweak registry, QoS packet sceduluer di disable dan tweak pda mozilla.
untuk cara~nya bisa googling, atau lihat di situs saya.

di jamin, high speed connection deh!

 

© 2009 TIPS BLOG DAN SOFTWARE KOMPUTER. Powered by Blogger
Design by eJoee BlogsTricks